Bantu masyarakat, Mahasiswa UNDIP ciptakan aparat

Penyerahan aparat (aplikasi pelayanan surat) desa kepada pihak Pemerintah Desa Dawung

Kabupaten Tuban (13/02/2021) – Kegiatan surat menyurat di sebuah desa merupakan sebuah kegiatan pelayanan masyarakat yang cukup penting dan biasa dilakukan di setiap desa. Biasanya untuk mengajukan pembuatan surat di suatu desa, masyarakat diharuskan untuk datang langsung ke balai desa, dan tidak jarang harus mengantri karena sedang banyak yang ingin mengajukan pembuatan surat. Proses pengajuan pembuatan surat di Desa Dawung saat ini juga dilakukan seperti itu. Dimasa pandemi covid-19 seperti ini, proses pengajuan surat yang seperti itu tentu bisa saja menjadi pemicu penyebaran virus covid-19. Oleh karena itu pada Kegiatan KKN Universitas Diponegoro tahun ini, salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro, Abdul Hadi Efendi, yang sedang menjalankan KKN di Desa Dawung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban menciptakan aparat, yaitu aplikasi pelayanan surat desa.

Dengan adanya aplikasi ini masyarakat kini bisa melakukan pengajuan pembuatan surat dari rumah melalui aplikasi tanpa perlu datang ke balai desa ataupun mengantri. Selain bermanfaat bagi masyarakat Desa Dawung, aplikasi ini juga cukup membantu pekerjaan perangkat desa, khususnya bagian pelayanan surat desa. Perangkat desa kini dapat membuat surat secara terkomputerisasi tanpa harus melakukan pengetikan secara manual. Selain itu perangkat desa juga dapat melihat laporan surat keluar melalui aplikasi ini. Sistem pelayanan surat yang terkomputerisasi juga akan menyelesaikan permasalahan-permasalahan lain yang biasa terjadi pada sistem pelayanan manual, seperti prosedur pengurusan surat yang kurang jelas, lamanya proses pengurusan surat, pencatatan administratif yang kurang baik, kesalahan dalam pengetikan data penduduk, dan lain-lain.

Pengenalan dan demo aplikasi ini mendapat sambutan yang baik dari pihak Pemerintah Desa Dawung, khususnya Bapak Sutono, S.H. selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Dawung yang biasa menangani proses pelayanan surat.

Demo aparat (aplikasi pelayanan surat) desa kepada pihak Pemerintah Desa Dawung

Penulis : Abdul Hadi Efendi
DPL : Drs. Eko Ariyanto, M.T.