Penjualan menurun, Mahasiswa UNDIP ajarkan Penjualan lewat Digital Marketing

Dimasa pendemi COVID 19  ini membawa dampak negatif yang saat hebat di lingkuanan UMKM. Banyak pelaku bisnis UMKM yang mengalami penurunan omset penjualan yang sangat drastis. Bahkan beberapa pelaku UMKM ada yang berhenti produksi di masa Pandemi ini dikarenakan ekonomi yang sulit unruk dibaca. Agar mereka dapat bertahan dengan situasi sekarang ini, maka mereka harus beradaptasi dan mengubah pola bisnis mereka dengan sebuah inovasi dan strategi bisnis yang baru.

Melalu pragram KKN (Kuliah Kerja Nyata), mahasiswa bernama Muhammad Hafni Yuliawan Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik bergerak untuk membantu para UMKM agar dapat terus hidup meski rintangan yang dihadapi sulit. Dia melakukan program yaitu “Digital Marketing”.

Dalam melakukan program tersebut mahasiswa KKN Undip melakukan sosialisasi dan saling bertukan informasi (diskusi) terhadap para pelaku UMKM tentang digital marketing. Saya mempresentasikan materi yang saya buat dalam pemasaran usaha melalui media internet, karena di situasi pendemi saat ini informasi yang didapat melalui dari medi intenet. Pemasaran dengan digital marketing akan membatu para pelaku UMKM dalam memasarkan/mengenalkan produk ke masrakat luas bahkan ke luar daerah juga. Apalagi di pandemi ini masyarakat akan banyak berdiam di rumah, dan memilih mencari informasi menggunakan internet daripada keluar rumah untuk mencari informasi.

Sosial media berupa intagram, facebook, whatsapps merupakan jenis digital marketing untuk memasarkan atau menjual produk. Jenis ini banyak digunakan karena lebih mudah dalam memasarkannya maupun mngeshare produk. Sedangkan dalam segi biaya, digital marketing sanagt murah sehingga tidak membebani para pelaku UMKM dalam memasarkan atau menjaul produk.

UMKM yang saya ambil yaitu pembuatan Tape Ketan. Dalam UMKM ini sebulumnya menaruh produknya di beberapa toko makanan, tetepi di masa pemdemi ini omset UMKM Tape Ketan ini menurun sehingga dengan ada sosialisasi digital marketing ini dapat menumbuhkan atau menaikkan lagi omset UMKM Tape Ketan khas Tuakang tersebut.   

Penulis             : Muhammad Hafni Yuliawan/14020217130086/Administrasi Bisnis/Fisip

DPL                 : Ariska Nurfajar Rini, S.E., M.Sc