Lama Tak Terawat, Mahasiswa Undip Bantu Redesain Gedung Aula

Pemaparan presentasi hasil redesain Gedung Aula RT 06 RW 09 Kelurahan Ciluar (07/02).

BOGOR, JAWA BARAT (12/02) — Setiap perumahan paling tidak memiliki satu fasilitas sosial dan fasilitas umum. Begitu pula dengan perumahan Bukit Permatasari, RT 06 RW 09 Kelurahan Ciluar yang memiliki fasilitas sosial berupa Gedung Aula dan fasilitas umum berupa Lapangan Basket. Perumahan Bukit Permatasari sendiri merupakan salah satu perumahan yang terletak di wilayah RW 09 Kelurahan Ciluar. Perumahan ini hanya terdiri dari satu RT saja, yaitu RT 06 dengan penghuni sebanyak 43 KK. Dengan luas kurang lebih ±13.681 m2 menjadikan layout perumahan ini hanya memiliki satu akses keluar masuk, yaitu jalan utama yang berada di sisi sungai dengan jarak ±3m dari pinggir sungai.

Akan tetapi, kini Gedung Aula di Perumahan Bukit Permatasari sudah lama tak terawat karena jarang digunakan, terutama pada area gudang yang dindingnya sudah terbelah akibat tanah dibawahnya sudah tergerus karena posisinya yang berada di pinggir sungai. Selain itu, beberapa warga RT 06 juga mengeluhkan menngenai masalah keamanan Gedung Aula tersebut, dikarenakan tinggi lantai Gedung aula kurang lebih 55cm dari permukaan tanah. Terlebih lagi tidak adanya dinding pengaman sehingga hal itu dapat membahayakan bagi anak-anak saat main di sana. Beberapa warga juga mengeluhkan mengenai kapasitas Gedung aula yang kurang dalam menampung seluruh warga RT 06 pada saat acara RT dilaksanakan seperti halal bihalal atau arisan. Kondisi lapangan yang juga tak terawat dan tiang ring basket yang sudah tidak dapat digunakan serta penyalahgunaan lahan hijau sebagai area pembakaran sampah juga menjadi kegelisahan bagi RT 06.

Kegelisahan itulah yang mendorong Shofiya Fikariya, seorang mahasiswi jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro menjadikan hal tersebut sebagai program kerja KKN Tim 1 Tahun 2021 sebagai realisasi dari tema besar yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Kegiatan KKN ini berlangsung mulai dari awal Januari hingga pertengahan Februari 2021.

Bentuk dari program ini berupa mengukur bangunan eksisting Gedung Aula, membuat tapak dan lingkungan sekitar tapak di SketchUp,  membuat konsep awal dan memberikan alaternatif desain untuk nanti dikonsultasikan dengan ketua RT 06. Setelah bekonsultasi dengan Pak Mukhlis selaku Ketua RT 06 RW 09, dapat disimpulkan  bahwa fokus utama pembangunan gedung Aula ini terletak pada area Gudang. Dan beliau menyebut bahwa tidak perlu merombak total gedung aula, hanya mengganti atap dan menambah kapasitas Aula saja. Desain atap yang digunakan pada proyek ini adalahan konstruksi atap baja, sementara untuk material penutup atapnya sebisa mungkin menggunakan material atap yang lama untuk menekan biaya pembangunan.

Hasil redesain Gedung Aula RT 06 RW 09 Kelurahan Ciluar.

Pada area fasilitas umum yaitu lapangan basket tidak perlu dirombak total, hanya perlu memperbaiki lapangan dan dicat ulang dan mengganti tiang ring basket serta menambah area  bench di sisi kiri lapangan. Sementara untuk area hijau yang terletak diantara lapangan dengan Aula dibiarkan saja, tidak perlu menambah tanaman, cukup membuat area khusus untuk pembakaran sampah di sisi pinggir sungai dan menyingkirkan rangka ayunan yang ada di tengah-tengah area tersebut. Sebagai gantinya, Pak RT meminta untuk mengolah area hijau di lahan sepanjang pinggir sungai menjadi area Apotik Hidup dengan menanam tanaman seperti Kencur, Kunyit, Jahe, Sereh, Lidah Buaya, dan tanaman obat lainnya.

Tanggapan yang diberikan oleh Pak RT usai Shofiya melakukan presentasi hasil redesain pada 7 Februari 2021 sangat baik. Beliau cukup puas dengan hasil redesain yang dirancang. Beliau berharap akan ada tindak lanjut dari kegiatan redesain ini, yaitu berupa perhitungan RAB dan pembuatan proposal untuk penggalangan dana agar pembangunan Gedung Aula di Peumahan Bukit Permatasari RT 06 RW 09 dapat segera terlaksana.

Shofiya Fikariya – 21020117130101
Arsitektur / Fakultas Teknik

DPL: Muhyidin S.Ag., M.Ag., M.H.