Bangkitkan UMKM dimasa pandemi melalui Digital Marketing!
Semarang (14/02) – Tidak sedikit pelaku usaha terutama UKM (Usaha Kecil Menengah) di wilayah kelurahan Srondol Kulon yang terkena dampak pandemi Covid-19, terutama di bidang ekonomi. Banyak pelaku usaha yang kesulitan untuk memasarkan produknya secara langsung karena diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yaitu untuk menjaga jarak dan tidak berkerumun. Hal tersebut tentu menjadi kendala yang menyebabkan target penjualan menurun dan bahkan membuat beberapa usaha berhenti beroperasional.
Berdasarkan survei yang dilakukan BPS (Badan Pusat Statistik) terhadap 3.082 pelaku usaha (UMK dan UMB) di Jawa Tengah pada 10-26 Juli 2020, tercatat bahwa 9,4% telah berhenti beroperasi.
Dari permasalahan tersebut, Salah satu Mahasiswi KKN Tim 1 Undip 2021, Ratna Nurul berinisiatif membuat Modul mengenai Digital Marketing (Facebook Ads). Dalam modul berbentuk booklet tersebut membahas mulai dari sejarah digital marketing hingga cara menggunakan Facebook Ads sebagai media Digital Marketing.
Selain disosialisikan langsung kepada warga RT01/RW05 Kelurahan Srondol Kulon, Modul ini juga dapat diakses secara online pada .
Harapannya Dengan adanya Modul pembelajaran Facebook Ads ini diharapkan dapat dimanfaatkan ilmunya sebagai sarana promosi secara daring bagi para pelaku usaha. selain dapat meningkatkan penjualan untuk menambah pemasukan ekonomi juga dapat meningkatkan pengetahuan dan skill mengenai digital marketing.
Penulis : Ratna Nurul (Teknik Komputer – 21120117120027)
Dosen pembimbing : Agus Naryoso., S.Sos., M.Si