Peta sebaran infrastruktur HADIR DI WILAYAH BULUSAN!!!

Semarang, Kelurahan Bulusan (14/2/21)

Perkembangan kota yang semakin meningkat pada tiap tahunnya serta adanya pertumbuhan penduduk akan mempengaruhi kebutuhan ruang guna menunjang aktivitas dilakukan dalam sehari-hari. fenomena tersebut membuat adanya peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung kelangsungan kehidupan manusia, dalam peningkatan yang terjadi perlu adanya penataan yang baik serta izin yang valid oleh pemerintah. Peta sebaran infrastruktur ini lah yang sangat berperan bagi pemerintah maupun masyarakat dengan melihat perkembangan pada wilayah yang ada disekitar mereka.

Kelurahan Bulusan adalah salah satu kelurahan yang berperan penting menjadi penumpu aktivitas  kampus Undip yang selalu meminimalisir permasalahan apakah jumlah sarana dan prasarana yang ada sudah dapat memenuhi kebutuhan ruang untuk setiap orangnya. dengan adanya peta yang dibuat akan membantu penduduk sekitar lokasi dalam halnya menunjukkan bagaimana kondisi sebaran sarpras di sekitar mereka dengan cara dicetak agar masyarakat dapat memanfaatkannya secara visual.

Bahan-Logbook-210214-0
Serah Terima Hasil Peta Kepada Ketua RW 07 Kelurahn Bulusan

Proses awal dalam pengerjaan pembuatan peta sebaran infrastruktur Kelurahan Bulusan dimulai dengan perizinan dengan Pak Lurah, Pak RW selanjutnya survei lapangan dan pembuatan peta menggunakan ArcGIS 10.3. proses survei lapangan dilakukan dengan cara menitikan kordinat sarana prasrana yang ada selanjutnya data tersebut di convert dan diolah menggunakan aplikasi  ArcGIS.

Screenshot-56
Proses Mapping

Dengan adanya Peta Sebaran Infrastruktur ini diharapkan dapat menjadikan Kelurahan Bulusan menjadi wilayah yang dapat memfasilitasi kebutuhan ruang untuk setiap masyrakatnya dan berkelanjutan dengan tatanaan yang lebih tertata pada sekitar wilayah Kelurahan Bulusan.

Penulis : Dandyawan Dwi Rizky (T.PWK- Fakultas Teknik)

dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes