Waspada, Bukit Pinang Zona Merah!, Mahasiswa UNDIP Berikan Edukasi COVID-19.




Samarinda (10-02-21) Virus Covid-19 perama kali ditemukan pada November 2019, dan kemudian mulai menyebar pada bulan desember 2019, virus diduga muncul pertama kali di pasar basah provinsi Hubei kota Wuhan, Tiongkok. Virus ini bisa dikatakan sangat cepat sekali menyebar ke seluruh belahan dunia, terlebih awalnya virus ini tidak diketahui bagaimana penyebarannya dan bagaimana cara mengantisipasinya, tetapi seiring dengan berjalannya waktu pada akhirnya virus ini diketahui menyebar melalui udara, droplet dan benda-benda. Menurut para ahli salah satu cara yang efektif dalam memerangi virus ini adalah dengan menerapkan 4M, Mencuci Tangan dengan sabun dan air mengalir, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan selalu Mengecek suhu badan.

Dimasa new normal saat ini banyak dari masyarakat yang mulai abai melawan virus ini, dapat diliat di banyak pusat perbelanjaan, kedai kopi, dan tempat-tempat publik lain masyaakat banyak berkerumun, dan tidak memakai maskernya, tak melulu di tempat publik di lingkungan tempat tinggal pun masyarakat sering kali tidak menggunakan maskernya saat berada di luar ruangan, mungkin bagi Sebagian orang penggunaan masker sangatlah sepele, tetapi penggunaannya sangatlah berpengaruh besar.

UNDIP memberlakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau biasa disingkat KKN sebagai agenda yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa yang menempuh gelar S1, disini mahasiswa UNDIP yang bernama Areca melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya melaksanakan 4M. kegiatan ini berfocus pada warga di RT 09 Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sebelumnya mahasiswa sudah melakukan izin terkait penyuluhan ini, tetapi dikarenakan pandemi yang semakin parah dan Kecamatan Samarinda Ulu termasuk Zona Merah, maka sosialisasi hanya berdasarkan sharing poster melalui WAG, tetapi mahasiswa UNDIP sudah berkunjung ke rumah RT untuk memberikan sosialisasi kecil disertai pemberian poster secara fisik.