Imunitas Kuat Perisai Utama Hadapi Pandemi Covid-19

Bojonegoro (15/02). Covid-19 adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus (SARS-CoV-2). Jumlah kasus ini semakin meningkat tiap harinya dan ditemukan bahwa virus ini mulai bermutasi. Salah satu upaya pencegahan covid-19 yaitu dengan menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini disebabkan virus Covid-19 menyerang tubuh manusia yang memiliki daya imun rendah sehingga asupan gizi di masa pandemi Covid-19 ini merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang daya tahan tubuh.

Kesadaran masyarakat di RT/RW 07/02 Kelurahan Kadipaten, Kabupaten Bojonegoro dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari belum cukup baik termasuk dalam hal menjaga asupan gizi harian. Masyarakat kerap kali tidak terlalu mempedulikan terkait kecukupan gizi dan imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi covid-19. Padahal pemenuhan kecukupan zat gizi makro dan mikro utamanya vitamin dan mineral ini sangat penting selain penerapan protokol kesehatan.

Melihat permasalahan tersebut, Nada Ayu Sekar Arum, Mahasiswa KKN Tim I Undip Periode 2020/2021 berinisiatif untuk mengedukasi masyarakat mengenai asupan gizi seimbang untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi covid-19 bersama dengan ibu – ibu Pengurus PKK Dasawisma RT 07 di Kelurahan Kadipaten.

Edukasi dilakukan dengan tatap muka langsung dan melalui grup whatsapp yang rutin dilakukan setiap minggunya. Penyuluhan yang pertama yaitu dilakukan secara tatap muka langsung melalui pertemuan rutin bulanan ibu – ibu dasawisma, yaitu pada tanggal 15 Januari 2021 pada pukul 15.30 WIB. Materi yang disampaikan yaitu gizi mikro dan makro yang bermanfaat dalam meng-imboost sistem imun tubuh sesuai penelitian yang ada, penerapan protokol kesehatan, serta sharing pengetahuan apa saja yang diketahui ibu – ibu terkait covid-19.

Pertemuan Rutin Bulanan Ibu – Ibu Dasawisma

Sedangkan edukasi mingguan dilaksanakan secara daring melalui grup whatsapp ibu – ibu dasawisma dengan materi anjuran buah dan sayur yang bermanfaat untuk imboost imun selama covid-19, misinformasi covid-19 yang ada di masyarakat yang disampaikan dalam bentuk poster, serta bagaimana penggunaan masker yang baik dan benar yang disampaikan dalam bentuk video edukatif. Edukasi ini diakhiri dengan pembagian handsanitizer, masker, serta poster isolasi mandiri dan “Herba Imboost Immune” kepada ibu – ibu pengurus dasawisma RT/RW 07/02, Kelurahan Kadipaten.

Sharing Informasi Kesehatan Melalui Grup Whatsapp
Pembagian Poster dan Bingkisan Kepada Ibu – Ibu Dasawisma

Kegiatan edukasi ini dirasa mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dan diharapkan untuk kedepannya warga RT/RW 07/02 Kelurahan Kadipaten, Bojonegoro dapat lebih mematuhi protokol kesehatan dengan baik serta mampu menjaga diri sendiri dan keluarga masing – masing dari covid-19 dengan menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

Penulis : Nada Ayu Sekar Arum

Dosen Pembimbing : Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes