BIKIN TAMPILAN TOKO ONLINE LEBIH MENARIK, MAHASIWA KKN UNDIP BERIKAN PELATIHAN FOTO PRODUK.

Desa Sukaluyu, Kabupaten Bogor (21/1) – Telah dilaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Tahun 2021 Universitas Diponegoro. Pada KKN kali ini memiliki sistem yang berbeda dari biasanya. Hal ini dikarenakan masih ada wabah Covid-19 di Indonesia. Kebijakan yang di ambil oleh Universitas Diponegoro adalah tetap melaksanakan KKN pada 4 Januari 2021 sampai dengan 16 Februari 2021, tetapi dengan beberapa ketentuan yaitu KKN dilaksanakan secara mandiri di wilayah domisili masing-masing peserta KKN.

Di RT. 02 RW. 08  Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, kebanyakan warganya menjalani kehidupan sebagai pengrajin sepatu dan sandal yang masih berskala rumahan. Meskipun masih dalam skala rumahan, namun grafik penjualan menunjukkan angka yang terus menerus mengalami kenaikan, terutama dalam segi penjualan online, dimana para pengrajin itu kini lebih dapat meningkatkan penjualan dan bisa menjadikan hal ini sebagai mata pencarian utama untuk kehidupan mereka sehari-hari. Namun, dalam membahas sebuah produk tentunya tidak terlepas dari yang namanya branding. Salah satu yang menjadi fokus branding adalah foto produk. foto produk menjadi salah satu aspek penting untuk penjualan, dimana toko online yang memiliki foto yang bagus cenderung akan terlihat terpercaya dan meyakinkan di mata pembeli.

Dengan adanya itu salah satu mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Tim 1 Universitas diponegoro yakni M Ilham sofari fuqoha melaksanakan salah satu program kerja untuk meningkatkan tampilan toko online mereka yaitu melalui pelatihan foto produk berjudul “Hasilkan Foto Berkualitas Dengan alat yang terbatas”. Dalam pelaksanaan progam tersebut mahasiswa melakukan kegiatan penyuluhan bersama beberapa pewakilan warga, terutama para pelaku usaha dan calon pelaku usaha yang berasal dari RT 02/RW 10 Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari.

Dalam pelatihan tersebut mahasiwa memberikan beberapa point penting yang sekiranya dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam memproduksi foto produk, poin pertama yaitu, mengenalkan teknik-teknik dalam fotografi, karena fotografi merupakan suatu hal yang kompleks, maka perlu diketahui dasar-dasarnya terlebih dahulu, terumata dalam teknik pengambilan foto produk. Kemudian yang kedua adalah mengenalkan alat-alat yang sekiranya dibutuhkan untuk menunjang fotografi, alat-alat yang dimaksud adalah alat yang sifatnya sebagai pelengkap, semisal ingi membuat studio mini untuk memfoto produk mereka, atau alat yang nantinya akan ikut masuk di dalam foto. Kemudian yang ketiga adalah tata cara pengoperasian software untuk menghasilkan hasil akhir yang lebih sempurna, dalam hal ini perlu ditekankan untuk memoles saja tanpa menggunakan efek-efek yang berlebihan agar hasil foto tetap natural dan tidak menipu calon konsumen.

Pelatihan ini bertujuan untu meningkatkan skill dan pengetahuan warga yang memiliki usaha ataupun calon pengusaha agar kedepanya dapat memproduksi foto produk yang tak kalah dengan toko online lain, kemudian dengan foto yang lebih bagus dapat meningkatkan traffic penjualan mereka di e-commerce yang mereka gunakan.

Oleh : M Ilham sofari fuqoha (S1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

DPL : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A