Murah dan Praktis Mahasiswa Undip membuat Handsanitizer Otomatis dengan Sistem Touchless

Merauke (15/02/2021) Hingga saat ini Pandemi COVID-19 masih belum usai dan akan terus berlanjut oleh karena itu kita dihadapkan kenyataan untuk mempersiapkan diri hidup berdampingan dengan COVID-19. Salah satu persiapam yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak menjauhi kerumunan, mencuci tangan, dan Membatasi Mobilitas serta menjadikn 5m suatu kebiasaan.

Sabun dapat melarutkannya sehingga virus hancur dan mati oleh karena itu penting bagi kita selalu mencuci tangan terutama jika kita hendak menyentuh mata, hidung, dan mulut. Saat kita berada ditempat umum tidak hanya kebersihan tangan yang perlu kita perhatikan namun kebersihan tempat cuci tangan juga perlu kita perhatikan karena penggunaan sabun atau tempat cuci tangan secara bersamaan dapat menjadi jalur transmisi penularan COVID-19. Untuk menghindari hal tersebut Mahasiswa KKN Undip membuat handsanitizer otomatis berbasis Sensor Halangan. Handsanitizer ini menerapkan sistem touchless yangmana kita tidak perlu lagi menekan atau menyentuhnya secara manual namun cukup dengan mendekatkan tangan ke sensor maka cairan handsanitizer dapat keluar secara otomatis.

Pembuatan handsanitizer otomatis ini dilakukan oleh Umi Nur Hikmah, Mahasiswa KKN Undip TIM I Tahun 2021 yang di sebarkan di instansi yang bekerja sama serta beberapa tempat umum Agar warga dapat mengetahui cara kerja dari handsanitizer otomatis ini maka diadakan pengenalan alat kepada warga sekitar sehingga warga bisa mencoba dan melihat secara langsung.

Dosen KKN : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.