Reportase Minggu Ke-03 : Pra-Sosialisasi Program SDG’s di RW 003 kelurahan tembalang

Semarang, tembalang, Jawa Tengah (17/7/2021) – Masih dalam kegiatan KKN TIM II UNDIP yang bertema ” Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)” yang saya mengisinya dengan sosialisasi pembuatan pupuk organik cair dari limbah daun kering yang kegiatan ini bertujuan untuk untuk mengembangkan kemampuan masyrakat dalam mengolah limbah daun kering menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam hal ini dengan menjadikannya menjadi pupuk organik cair. Namun beberapa kegiatan yang saya lakukan sebelum pelaksanan program SDG’s ini adalah sebagai berikut secara rinci :

Diawali dengan studi literatur materi terkait program SDG’s saya nya berupa sosialisasi pembuatan pupuk organik cair yakni pada hari Rabu, 14 Juli 2021.

Studi Literatur Materi Sosialisasi SDG’s
Terkait Materi-Materi Sosialisasi SDG’s

Lalu, dilanjutkan dengan penyusunan materi untuk pemaparan program kerja SDG’s saya nya ke dalam bentuk PPT yakni dilakukan di hari yang sama.

Pembuatan PPT Untuk Sosialisasi SDG’s

Di hari ini tepatnya di malam harinya saya melakukan Finalisasi atau penyelesaian materi untuk pemaparan program kerja SDG’s saya nya ke dalam bentuk PPT.

Finalisasi PPT Untuk Sosialisasi SDG’s
Sehari setelahnya yakni pada hari kamis, 15 Juli 2021. Saya, melakukan persiapan pembuatan poster dari program kerja SDG’s yang Pupuk Organik Cair dari Limbah Kering, yang dilakukan dengan riset materi poster mengenai Pembuatan Pupuk Organik Cair serta mencari referensi poster mengenai Pembuatan Pupuk Organik Cair.
Riset Materi Poster Program SDG’s
Mencari Referensi Poster Program SDG’s

Dilanjutkan dengan pembuatan poster Pupuk Organik Cair dari Limbah Daun Kering di hari yang sama pada hari kamis, 15 Juli 2021.

Membuat Desain Poster Sosialisasi Program SDG’s

Terhadap poster yang telah dibuat dilakukan pencetakan poster tersebut. Yang di cetak di indoprinting tembalang, bulusan.

Pencetakan Logo Pupuk Organik Cair Dari Limbah Daun Kering
Logo Pupuk Organik Cair yang telah Dicetak

Di hari yang sama tepatnya di sore harinya saya telah melakukan Diskusi Kelompok Kecil Via Whatsapp membahas terkait pelaksanaan salah satu proker untuk dikonfirmasi kepada masyarakat RW 003 Kelurahan tembalang.

Diskusi Kelompok Kecil Via Whatsapp

Dilanjutkan dengan finalisasi atau penyelesaian persiapan terkait yang bakal dilakukan dalam program SDG’s.

Finalisasi Persiapan Prelaksanaan Program SDG’s

Hari berikutnya di tanggal 16 Juli 2021, saya melakukan editing video tutorial pembuatan pupuk organik cair dari limbah daun kering.

Editing Video Tutorial pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Limbah Daun Kering

Dan untuk di hari minggunya, tanggal 18 Juli 2021 saya melakukan persiapan untuk melakukan pembuatan kuisioner sosialisasi program SDG’s serta melakukan pembuatan kuisioner sosialisasi program SDG’s ini.

Persiapan Untuk Pembuatan Kuisioner Sosialisasi Program SDG’s
Pembuatan Kuisioner Sosialisasi Program SDG’s

Penulis : Indah Aurelia.M.

DPL : Dr. Amirudin, MA.