MAHASISWA KKN UNDIP GENCAR LAKUKAN SOSIALISASI PPKM DARURAT KABUPATEN BATANG

Sosialisasi Instruksi Bupati Batang No. 1263 terkait PPKM Darurat Kabupaten Batang

BATANG (21/07/2021)- Universitas Diponegoro pada tahun ajaran 2020/2021 periode kedua telah menerjunkan mahasiswa KKN sejak Rabu, 30 Juni 2021 secara daring. Konsep pelaksanaan KKN di Universitas Diponegoro pada periode kali ini masih sama dengan periode sebelumnya yakni KKN secara mandiri. Hal yang membedakan dari pelaksanaan KKN sebelum  adanya pandemi covid-19 adalah mahasiswa pada saat ini hanya melaksanakan dua program kerja KKN sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing.

Pada minggu ketiga pelaksanaan KKN UNDIP 2021, salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan programnya di Kelurahan Watesalit, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Program kerja yang diambil adalah Sosialisasi Instruksi Bupati Batang Nomor 1263 Tahun 2021 terkait Pemberlakuan PPKM Darurat Kabupaten Batang sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 melalui media Poster.

Dalam rangka menekan angka penyebaran covid-19 di Kabupaten Batang, Bupati Batang mengeluarkan Instruksi Bupati Batang Nomor 1263 Tahun 2021 terkait Pemberlakuan PPKM Darurat Kabupaten Batang sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease  2019 (COVID-19) di Kabupaten Batang.

Peraturan tersebut dibuat dengan harapan masyarakat Kabupaten Batang dapat patuh dan melaksanakan apa yang dihimbau oleh pemerintah daerah. Namun, dalam implementasinya peraturan yang dibuat pemerintah seringkali tidak dipatuhi oleh masyarakat akibat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap peraturan yang telah dibuat untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, dengan adanya program sosialisasi yang dilakukan oleh  mahasiswa KKN terkait PPKM Darurat Kabupaten Batang diharapkan dapat mencegah penyebaran covid-19 dan memberikan penyadaran terhadap masyarakat di Kelurahan Watesalit.

Penulis : Dwi Putra Oktavianto (Ilmu Pemerintahan, 2018)
DPL : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM