SALUT!! MAHASISWA UNDIP EDUKASI CARA ASIK MINUM AIR PUTIH DI PONPES UNGARAN

Ungaran (18/7/21). Pemerintah telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Pulau Jawa dan Bali mulai dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang. Hal ini dilakukan demi menekan laju penularan Covid-19 yang sudah semakin mengganas, apalagi dengan adanya varian baru virus corona (Alpha, Beta, Delta dan Kappa) yang diyakini lebih menular dan menimbulkan gejala berat pada pengidapnya. 

Menjaga sistem imun tubuh yang baik menjadi prioritas utama saat ini. Untuk menghindari turunnya daya tahan tubuh, penting untuk memulai kebiasaan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Upaya menjaga sistem imun tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral. Tak hanya makanan saja, menjalani kebiasaan tertentu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah berbagai virus yang menyebabkan penyakit.

Seiring dengan pola makan sehat dan olahraga teratur untuk mencegah terinfeksi Covid-19, hal lain yang tak kalah penting adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini penting, karena tubuh mengandung sekitar 65 persen air. Maka kita harus MINUM AIR PUTIH 2 Liter sehari atau sama dengan 8 gelas per hari. Namun sayang tidak semua orang gemar mengkonsumsi air putih. Bagi mereka yang sudah terbiasa meminum soft drink, jus, minuman beraroma lainnya, maka mengonsumsi air putih bukan hal yang mudah, padahal air putih ini merupakan kebutuhan vital untuk kesehatan tubuh.

Sejalan dengan hal tersebut, Sebagai bentuk kegiatan pengabdian, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro di Pondok Pesantren Zamzam Al-Hasim, Kalongan, Ungaran Timur berinisiatif mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Infused Water bagi para santri. Sebagai bentuk inovasi hadirnya air putih beraroma yang menyehatkan dan tanpa mengurangi manfaatnya. Infused water atau dikenal pula dengan spa water adalah air putih yang diberi tambahan potongan buah-buahan, sayuran, dan rempah yang didiamkan beberapa jam atau sekitar 4-12 jam sampai sari buahnya keluar dan air sudah berasa buah, sehingga memberikan cita rasa dan manfaat untuk kesehatan. 

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan menerapkan secara ketat protokol Kesehatan 5M dan dihadiri hanya beberapa santri saja, menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu dan membagikan masker tambahan untuk dipakai sebagai double masker, serta dipastikan mahasiswa yang melaksanakan KKN dalam kondisi sehat juga para santri pun demikian, karena dalam pondok pesantren para santri tidak boleh bepergian keluar dari pondok sehingga tidak ada kontak dengan orang lain. Materi yang diberikan saat sosialisasi berupa pengenalan Infused Water, manfaat dari infused water, cara pembuatan, cuplikan video mengenai Infused Water dari seorang dokter dan hal penting yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi Infused Water.

Sosialisasi  dan pelatihan infused water dilakukan selama 30 menit termasuk pembagian modul mengenai Infused Water dan penyerahan poster, dengan adanya poster dan modul cara pembuatan infused water diharapkan para santri bisa membuat sendiri dan bisa dijadikan minuman rutin harian untuk menjaga tubuh selalu dalam keadaan yang prima. Dengan memilih buah sendiri yang disuka membuat para santri bersemangat untuk membuat minuman tersebut. 

Sosialisasi dan pelatihan mengenai Pembuatan Minuman Sehat Infused Water mendapat tanggapan baik dan antusiasme yang tinggi dari Para Santri Pondok Pesantren Zamzam Al-Hazim, Kalongan, Ungaran Timur. Manfaat minuman Sehat Infused Water ini memiliki rasa yang menyegarkan, dapat menghidrasi tubuh lebih baik, sebagai penunjang pembentukan imun tubuh, dan alternatif untuk yang tidak suka air putih. Hal-hal tersebut banyak menarik perhatian dari para santri yang datang. Para santri tidak sabar meminumnya karena bisa minum air putih dengan berbagai macam rasa atau aroma sesuai yang diinginkan.

Salam sehat!!

Penulis   : Dhini Oktaviani Putri (Teknik Elektro 2018)
DPL   : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si 
Ungaran, 21 Juli 2021

BERGERAK BERSAMA, WUJUDKAN AKSI NYATA-