Inovasi Mahasiswa Undip Dalam Pengoptimalisasian Digital Marketing Secara Inovatif di era Pandemi Covid-19 Pada Produk Hasil Olahan Pesantren Al-Muawanah
Semarang, (15/07/2021) – Covid-19 yang saat ini sedang melanda seluruh dunia khususnya di Indonesia, berdampak kepada berbagai aktivitas industri tidak terkecuali para UMKM. Hal ini dapat dilihat dari produktivitas serta pemasukan yang menurun. Digital Marketing sebagai salah satu perkembangan dari teknologi pada saat ini dapat menjadi salah satu jalan keluar bagi para pengusaha kecil maupun besar untuk memasarkan produk mereka di tengah pandemic, dimana mobilitas sangat dibatasi. Dengan memanfaatkan social media, sebagai salah satu bentuk digital marketing, para UMKM dapat lebih efektif untuk membantu meningkatkan penjualan. Hal ini didukung dengan data yang menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 62% dari total populasi, dan angka tingkat belanja online masyarakat Indonesia yang cenderung naik apalagi pada masa pandemic ini.
Dari latar belakang tersebut yang mendorong Mahasiswa KKN Tim II Undip untuk membuat terobosan di Pesantren Al-Mu’awanah dengan menerapkan digital marketing yang dinilai dapat lebih efektif dalam meningkatkan minat kewirausahaan santri dan meningkatkan pemasukan demi kemandirian pesantren.
Dimana dengan adanya program ini diharapkan seluruh stakeholder terkait yang ada di Pesantren Al-Mu’awanah dapat mengaplikasikan digital marketing sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan minat para santri untuk berwirausaha serta meningkatkan kemandirian Pondok Pesantren itu sendiri. Target dari program ini adalah para santri yang memang diberdayakan untuk lebih mandiri. Digital marketing sendiri dapat diakses dengan mudah dan cost yang lebih rendah dibandingkan dengan strategi marketing secara offline. Mahasiswa KKN Tim II berinisiatif untuk menerapkan digital marketing di Pondok Pesantren Al-Muawanah, Dusun Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, dengan harapan masyarakat dapat menerapkan digital marketing agar menjadi solusi pemasaran yang tepat khususnya di situasi pandemic seperti saat ini sehingga dapat meningkatkan penjualan dan penghasilan yang didapat oleh Pondok Pesantren.
Penulis : Fajar Romadhon
DPL : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si
Semarang, 15 Juli 2021
–Bergerak Bersama, Wujudkan Aksi Nyata–