UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI, MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN EDUKASI STRATEGI BRANDING PADA UMKM DI DESA PASEKARAN
BATANG (22/7) Pandemi akibat adanya Covid 19 telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia salah satunya ekonomi. Melemahnya perekonomian masyarakat akibat kebijakanseperti WFH atau bahkan PHK membuat mereka harus mencari cara lain untuk dapat bertahan hidup di tengah pandemi. Kini masyarakat banyak yang memulai bisnis seperti UMKM baik di rumah maupun di luar rumah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai 64 juta. Angka tersebut mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Kreatifitas masyarakat dalam menciptakansuatu produk sangatlah tinggi, hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai produk baru yang inovatif. Namun, para pelaku UMKM tidak cukup hanya bermodal kreatifitas saja tetapi strategi branding juga diperlukan agar produknya agar dapat bersaing dengan kompetitor.
Edukasi dan pengetahuan mengenai strategi branding seperti pembuatan logo hingga tagline perlu dipahami oleh setiap pelaku UMKM. Tujuannya yakni selain membedakan dengan produk kompetitor sejenis, tentunya juga sebagai identitas paten dari produk tersebut. Branding juga dapat menjadi strategi dalam upaya meningkatkan brand awareness yang nantinya mendapat positioning product di benak masyarakat. Akibat adanya kebijakan PPKM Darurat, program ini dilakukan dengan cara pertemuan terbatas yakni edukasi langsung dengan pemilik UMKM tersebut. “Edukasi branding ini sangat bermanfaat bagi UMKM untuk meningkatkan nilai jual di tengah arus persaingan dengan kompetitor apalagi di masa pandemi seperti ini”, ujar Pak Aziz selaku pemilik UMKM keripik pisang di Desa Pasekaran.
Melalui program ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan mengenai strategi branding sehingga dapat diimplementasikan oleh para pelaku UMKM dan meningkatkan penjualan produk. Program ini mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang terfokus pada pertumbuhan ekonomi terutama di sektor UMKM.
Penulis: Alfina Triananda Arya Islamia/ Ilmu Komunikasi/ 14040118120012
DPL : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M. Si, IPM
Lokasi : Desa Pasekaran RT 02 RW 02