Di Tengah PPKM, Dana Bantuan Datang!

Pada hari Minggu tanggal 18 Juli 2021 telah dilaksanakan Kegiatan JPS (Jaringan Pengamanan Sosial). Kegiatan ini melibatkan 3 mahasiswa UNDIP yang menjalani KKN, Kelurahan Teluk selaku penanggung jawab dari kelurahan dan loksi pelaksanaan kegiatan, Pihak Dinsos dan Satgas covid-19 yang mengawasi.

Kegiatan JPS (Jaringan Pengamanan Sosial) dilaksanakan di balai kelurahan. Pembagian pelayanan dilakukan kepada lebih dari 200 orang. Pemberian bantuan dana dilakukan dengan dua opsi, opsi pertama melalui rekening dan opsi kedua dilakukan secara langsung. Pembagian melalui rekening bukanlah lah yang sulit, justru mempermudah pendistribuasiannya kepada masayarakat. Namun, tidak semua orang menggunakan rekening sehingga opsi kedua mau tidak mau harus dilaksanakan.

Melihat dari angka kasus covid-19 yang cukup banyak, kegiatan JPS dilakukan dengan sangat hati-hati. Pemberian dana bantuan dilakukan dengan tiga sesi, masing-masing sesi dilaksanakan selama 30 menit. Sebelum warga masuk ke dalam balai kelurahan, warga diharuskan menggunakan masker dan diarahkan terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan suhu kemudian mencuci tangan. Setelah itu, warga dilakukan pengecekan persyaratan dan nama apakah terdaftar dalam list. Selanjutnya warga dapat duduk menunggu giliran, tentunya dengan kursi yang berjarak untuk mengindari kontak dengan yang lainnya. Kegiatan berlangsung dengan lancar, dan bahkan kegiatan berjalan lebih cepat dan bersukur tidak ada indikasi warga yang terpapar covid 19.

Lekas pulih, Indonesia.

Lekas pulih, Semesta.

Penulis: Muhammad Al Fatih (Teknik Geologi UNDIP 2018)

DPL: Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto,ST,M.Eng