KEREN! Siapkan Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Kembangkan UMKM Go Online dengan Digital Marketing

Pati (26/07) – Seiring berjalannya waktu, dampak pandemi Covid-19 semakin besar dan memukul hampir seluruh sektor perekonomian Indonesia. Tak terkecuali sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Banyak dari pelaku UMKM di Indonesia yang mengalami kemerosotan pendapatan atau bahkan tumbang karena tak mampu beradaptasi di kondisi saat ini. Berpikir kreatif, inovatif dan bersikap adaptif merupakan cara jitu bagi UMKM untuk melawan dampak dari Covid-19. Selain itu, meningkatkan akselerasi bisnis dengan metode digital marketing dapat menjadi salah satu instrumen yang dapat dilakukan oleh UMKM.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Desa Bakaran Kulon Bapak Dadik Utomo menyampaikan keluhan dan harapannya kepada Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro.

“Pandemi Covid-19 ini menyebabkan penurunan pendapatan UMKM Desa Bakaran Kulon khususnya UMKM Batik yang merupakan komoditas terbanyak. Selain itu, kurang optimalnya kemampuan pelaku UMKM desa dalam melakukan digitalisasi usaha menjadi alasan utamanya. Maka dari itu, saya berkeinginan jika UMKM desa dapat bersinergi dan masuk ke ranah bisnis online dengan menerapkan digital marketing seperti pembuatan website atau sejenisnya agar mampu bersaing dan bertahan di masa pandemi,” tutur Kepala Desa Bakaran Kulon Bapak Dadik Utomo saat ditemui di Kantor Balai Desa Bakaran Kulon, Senin (12/07/2021).

Video Tutorial UMKM Go Online dengan Digital Marketing

Dalam rangka mewujudkan harapan dari pemerintah Desa Bakaran Kulon sekaligus guna mengatasi permasalahan yang terjadi, Kitta Shafira (20) yang merupakan salah satu Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2021 di Desa Bakaran Kulon, berniat untuk menggagas program “Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Batik Desa Bakaran Kulon.”

Melalui program tersebut, UMKM Batik Desa Bakaran Kulon akan diberi edukasi seputar UMKM go online dan digital marketing serta akan dituntun dalam mempraktekkan tutorial digital marketing di media sosial maupun marketplace. Selain berfungsi untuk menambah wawasan, memperluas pangsa pasar dan meningkatkan volume penjualan UMKM Batik Desa Bakaran Kulon, program tersebut juga merupakan bentuk dukungan mahasiswa terhadap program pemerintah Indonesia yang menargetkan 30 juta UMKM Go Online di tahun 2023. Oleh karena itu, program ini dinilai sangat relevan untuk diaplikasikan.

E-Modul UMKM Go Online dengan Digital Marketing
Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19
https://drive.google.com/drive/folders/1La-X77UfnOGsjqy4uGyEnu89cU77vg3p?usp=sharing

Sesuai dengan peraturan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 Jawa-Bali, maka program dilaksanakan secara full online pada hari Senin, 19 Juli 2021 hingga Senin, 26 Juli 2021. Pelaksanaan program dimulai dengan membagikan video tutorial yang telah diunggah pada channel Youtube pribadi milik mahasiswa KKN dan mengirimkan e-modul serta kelengkapan program seperti contoh konten iklan dan contoh caption jualan kepada UMKM Batik Desa Bakaran Kulon yakni UMKM Batik Tulis Bakaran NinukNardi (NN) via WhatsApp Group. Dalam video tutorial dan ­e-modul yang diberikan, berisi banyak tips dan trik digital marketing di Facebook, Instagram maupun Shopee yang mana dapat memudahkan UMKM dalam melakukan digitalisasi usahanya. Tidak hanya sekedar memberi materi, mahasiswa KKN juga melakukan monitoring dan bimbingan pada UMKM Batik Tulis Bakaran NinukNardi secara berkala guna memaksimalkan pelaksanaan program.

Tanggapan Positif dari UMKM Batik Tulis Bakaran NinukNardi

Setelah program selesai, pelaku UMKM Batik Tulis Bakaran NinukNardi memberikan tanggapan positif atas terlaksananya program tersebut. “… Alhamdulillah sangat bermanfaat mbak, mas Aziz dan mbak Fira menjelaskan dengan detail sekali (emoji tersenyum),” ucap Mia. Selain itu, ia juga berharap dapat bertanya kembali di kemudian hari. “Tapi semisal nanti aku ada kendala tanya lagi ya mbak,” pinta Mia pada mahasiswa KKN Undip itu.

Output Program Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Batik Desa Bakaran Kulon

Dengan sambutan baik tersebut, diharapkan bahwa program “Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Batik Desa Bakaran Kulon” dapat bermanfaat dan menjadi solusi serta strategi bertahan yang efektif bagi UMKM Batik Desa Bakaran Kulon di tengah Pandemi Covid-19. Lebih lagi jika dapat menjadi model percontohan dan inspirasi bagi UMKM lain dalam mengembangkan bisnis online guna menyongsong ekosistem digital di masa mendatang.

Penulis : Kitta Shafira (Manajemen, FEB, Universitas Diponegoro)

Editor : Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi.