CEGAH PENYEBARAN COVID-19, MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN DAN PROTOKOL ISOLASI MANDIRI

Semarang (27/7) –¬†Dalam kondisi Pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak masyarakat RT 01 Kelurahan Jerakah Kecamatan Tugu yang terpapar virus ini dan kemudian melakukan isolasi mandiri. Namun dari pengamatan saya, masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai apa itu Isolasi Mandiri. Oleh karena itu penyuluhan ini dilakukan agar masyarakat paham betul apa yang sedang mereka hadapi dan agar dapat melakukan pencegahan dan pengendalian Covid-19 serta melakukan Karantina Mandiri sesuai dengan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 serta Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/20212020.

Tetapi sampai hari ini, masih banyak masyarakat yang banyak melanggar dan belum paham mengenai protokol kesehatan dan protokol isolasi mandiri, dikarenakan kurangnya pemahaman dan kurangnya kesadaran masyarakat  Jerakah. Dengan itu karena masih banyaknya masyarakat yang kurang mengerti akan Protokol Kesehatan dan Protokol Isolasi Mandiri,  pelaksanaan program kerja KKN Tim II Universitas Diponegoro yaitu Sosialisasi Melalui Daring menggunakan aplikasi ZOOM.

origin-gallery-uid-395-C69-DA-1-C6-F-459-B-9532-3-D35-F1-E22-B7-C-1627376417893-source-other
Pelaksanaan Sosialisasi melalui Daring bersama warga Jerakah.

Yang harus dilakukan saat isolasi diri:

  1. Tinggal di rumah, dan jangan pergi bekerja dan ke ruang publik.
  2. Gunakan kamar terpisah di rumah dari anggota keluarga lainnya. Jika memungkinkan, upayakan menjaga jarak setidaknya 1 meter dari anggota keluarga lain.
  3. Gunakan selalu masker selama masa isolasi diri.
  4. Lakukan pengukuran suhu harian dan observasi gejala klinis seperti batuk atau kesulitan bernapas.
  5. Hindari pemakaian bersama peralatan makan (piring, sendok, garpu, gelas), dan perlengkapan mandi (handuk, sikat gigi, gayung) dan linen/seprai.
  6. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mengonsumsi makanan bergizi, melakukan kebersihan tangan rutin, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta keringkan, lakukan etika batuk/bersin.
  7. Berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.
  8. Jaga kebersihan rumah dengan cairan desinfektan.
  9. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit memburuk (seperti sesak nafas) untuk dirawat lebih lanjut.

Tindakan pencegahan:

  1. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.
  2. Tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin, dengan tisu atau lengan atas bagian dalam yang tertekuk. Segera buang tisu ke tempat sampah yang tertutup dan bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer.
  3. Jaga jarak sosial setidaknya jarak 1 (satu) meter dengan orang lain, terutama dengan mereka yang batuk, bersin, dan demam.
  4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan
  5. Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis.

Selain melakukan sosialisasi menggunakan aplikasi ZOOM, Mahasiswa KKN Tim II Undip, melakukan sosialisasi secara terjun langsung ke lokasi yang bersangkutan agar masyarakat lebih paham akan Protokol Kesehatan dan Protokol Isolasi Mandiri.

origin-gallery-uid-395-C69-DA-1-C6-F-459-B-9532-3-D35-F1-E22-B7-C-1627382616355-source-other
Sosialisasi secara tatap muka kepada warga Jerakah.

Semoga dengan dilakukannya sosialisasi secara daring dan tatap muka, warga Jerakah dapat mengerti dan paham selalu untuk menerapkan Protokol Kesehatan dan Protokol Isolasi Mandiri.

Nama : Alvin Nasihul Umam (Hukum 2018)

DPL : Abdi Sukmono, ST., MT.