PENGGUNAAN MASKER SERING DISEPELEKAN , MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN EDUKASI CARA MEMAKAI DAN MEMBUANG MASKER YANG TEPAT

Kamang Mudiak (27/7/2021) РSaat ini kondisi dunia sedang tidak baik-baik saja. Seluruh penjuru dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Covid-19 ini sangat berbahaya dan mudah menular dari satu orang ke orang yang lain. Oleh karena itu, seluruh masyarakat dihimbau untuk selalu melindungi diri dengan cara menjaga kesehatan dan selalu menaati protokol kesehatan. Salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari virus ini adalah dengan menggunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah.  Namun, untuk dapat melindungi diri secara maksimal, penggunaan masker  tidak boleh asal-asalan.

Ada banyak masyarakat yang menggunakan masker asal-asalan dan juga membuang sampah masker secara sembarangan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip memberikan edukasi kepada masyarakat Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam mengenai cara memakai sekaligus membuang masker yang tepat. Edukasi penggunaan masker yang tepat ini bertujuan untuk menyempurnakan perlindungan diri dari virus yang ada. Sedangkan edukasi mengenai cara membuang masker yang tepat bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan sampah masker dan mencegah kerusakan lingkungan.

Edukasi penggunaan masker ini dilakukan dengan cara sidak (Sidang Dadakan) terlebih dahulu . Setiap masyarakat yang sedang berada di luar tanpa menggunakan masker akan didatangi dan diberikan masker gratis lalu diberi edukasi mengenai cara menggunakan dan membuang masker yang tepat. Selain itu, para mahasiswa Undip juga melakukan sosialisasi mengenai prokes Covid-19 kepada kelompok-kelompok masyarakat, seperti ibu-ibu PKK, kelompok pemuda, dan juga kelompok tani di beberapa jorong yang ada di kamang mudiak.

Dari sosialisasi yang telah dilakukan tersebut, masyarakat mengaku mendapatkan ilmu baru yang sangat berguna bagi mereka. Ilmu tersebut diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar masyarakat dapat terlindung dari Covid-19 yang saat ini sedang merajalela.

Oleh : Suci Permata Zetri

DPL : Fajrul Falah S.Hum., M.Hum