Wujudkan Masyarakat Peduli Kesehatan, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Cara Pembuatan Hand Soap dan Cara Mencuci Tangan yang Benar

sabun cuci tangan (hand soap)

Semarang, Selasa (27/7/2021). Kebersihan merupakan hal yang fundamental dalam mewujudkan pola hidup sehat. Terlebih kondisi saat ini dimana pandemi COVID-19, masih menjadi masalah yang serius di seluruh dunia. COVID-19 membawa pengaruh yang luar biasa terhadap kelangsungan hidup manusia di manapun berada. Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah hingga Senin (26/7/2021) pukul 12.00 WIB menunjukkan, ada penambahan 28.228 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 3.194.733 orang, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

Upaya pemutusan rantai penyebaran sedang gencar – gencarnya dilakukan oleh pemerintah, diantaranya dengan mematuhi protokol kesehatan yang dikenal dengan istilah 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan).

Upaya untuk mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap kebersihan dan kesehatan dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021. Pada Kamis (22/7/2021), mahasiswa KKN UNDIP mengadakan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan dengan edukasi pembuatan liquid hand soap dan cara mencuci tangan yang benar kepada warga di lingkungan RW 01 Kelurahan Kaliwiru.

Pada penyuluhan ini mahasiswa KKN UNDIP didampingi oleh Ibu RW, serta kader-kader Kelurahan Kaliwiru. Pada kegiatan tersebut mahasiswa KKN UNDIP memberikan leaflet dan juga sabun cuci tangan hasil pembuatan secara mandiri. Di dalam leaflet dicantumkan informasi-informasi penting mengenai cara membuat hand soap, cara mencuci tangan yang benar, kesalahan yang harus dihindari ketika mencuci tangan, dan juga alasan pentingnya harus mencuci tangan dengan sabun.

edukasi kepada warga RW 01 Kel. Kaliwiru

Tak hanya itu mahasiswa KKN UNDIP mempraktikan secara langsung gerakan mencuci tangan yang benar kepada anak-anak di RW 01 Kelurahan Kaliwiru. Anak-anak diajarkan untuk selalu rutin mencuci tangan setelah bermain, berpergian, maupun beraktivitas.

edukasi cara mencuci tangan yang benar

Selanjutnya, untuk mempermudah warga RW 01 Kelurahan Kaliwiru, mahasiswa KKN UNDIP juga membuat video mengenai tutorial pembuatan sabun cuci tangan (Hand Soap). Video tersbut dapat dengan mudah diakses oleh warga melalui platform YouTube.

Warga Kaliwiru sangat antusias terhadap kegiatan penyuluhan tersebut, Wiji selaku kader sosial Kelurahan Kaliwiru berterimakasih atas kegiatan ini dan berharap semoga kegiatan ini bermafaat buat masyarakat RW 01 Kelurahan Kaliwiru.

“Saya mengucapkan terimakasih, kepada mahasiswa KKN UNDIP atas kegiatan penyuluahn tentang pentingnya menjaga kebersihan dengan edukasi pembuatan liquid hand soap dan cara mencuci tangan, saya berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga RW 01 Kelurahan Kaliwiru”, kata Wiji diakhir kegiatan.

Ibu RT 04 RW 01 Kelurahan Kaliwiru, Ropeni menambahkan, kegiatan edukasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, lansia, dan ibu rumah tangga. Ia juga berterimakasih karena dengan adanya program ini menambah wawasan mengenai cara mencuci tangan yang benar.

“Program KKN ini sangat bermanfaat bagi warga di lingkungan RW 01 terutama untuk anak-anak, lansia dan juga ibu-ibu rumah tangga. Program ini menambah wawasan untuk kami semua, sehingga kami pun menjadi paham mengenai pentingnya menjaga kebersihan dengan mencuci tangan yang baik dan benar”, kata Ropeni.

Penulis: Vinsencius Guntur Pandu Marcellino (Prodi Kimia, Fakultas Sains dan Matematika)

DPL: Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid