Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Golden Milk, Susu “Ajaib” Peningkat Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19

Semarang (29/7) – Meningkatnya kasus Covid-19 saat ini terjadi karena munculnya jenis virus baru yang lebih berbahaya dibanding sebelumnya. Pemerintah pun menetapkan PPKM yang lebih ketat dari sebelumnya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Masyarakat diharapkan lebih waspada terhadap virus baru ini dengan kembali memperketat protokol kesehatan secara benar untuk pencegahan virus Covid-19 serta menjaga kesehatan tubuh agar imunitas meningkat.

Sosialisasi Pembuatan dan Manfaat Golden Milk sebagai Minuman Peningkat Imunitas Tubuh kepada Warga RW 02 Kelurahan Lamper Tengah, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang secara daring.

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang semakin mengganas, mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 menyosialisasikan salah satu minuman kesehatan yang mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh yaitu Golden Milk. Sosialisasi dilaksanakan dilaksanakan pada Hari Rabu, 14 Juli 2021 pukul 18.30 di RW 02, Kelurahan Lamper Tengah, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang secara daring melalui aplikasi Zoom dan dihadiri oleh 30 orang warga. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini berisi tentang manfaat kesehatan Golden Milk yang berpotensi untuk meningkatkan imunitas tubuh serta demonstrasi cara pembuatan Golden Milk yang disampaikan dengan media video. Dilakukan pula penempelan poster yang berisikan informasi tentang manfaat dan cara pembuatan Golden Milk di beberapa majalah dinding/papan pengumuman agar lebih menjangkau masyarakat lain.

Penempelan Poster Manfaat dan Cara Membuat Golden Milk pada beberapa titik di Kelurahan Lamper Tengah, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Golden Milk sendiri adalah minuman kombinasi susu dengan kunyit, jahe, kayu manis, minyak kelapa, madu, dan lada yang berpotensi menangkal virus Covid-19 karena mengandung banyak senyawa bioaktif sebagai immunomodulator untuk menstimulasi sistem imun tubuh serta aktivitas antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Bahan yang diperlukan untuk membuat minuman ini tergolong murah dan mudah ditemui serta proses pembuatannya cukup mudah.

Penulis: Ashghar Yusuf Randika Islamay Putra
DPL: Nuryanto, S.Gz., M.Gizi.