Mahasiswa KKN Undip Bagi Rumus Jitu Kelola Keuangan Rumah Tangga yang Baik di Masa Pandemi Covid-19


Pelaksanaan Program Kegiatan Sosialisasi “Perencanaan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga yang Baik di Masa Pandemi Covid-19”

Jepara (19/07/2021)—Adanya Pandemi COVID-19 tidak menghalangi keberlangsungan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro. Mahasiswa KKN Tim II Tahun 2020/2021 melaksanakan kegiatannya di daerah masing-masing secara mandiri atau disebut “KKN Pulang Kampung”, program kegiatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan tanpa menghilangkan nilai-nilai KKN itu sendiri. Dengan mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui Kuliah Kerja Nyata”, mahasiswa KKN dengan semangat membantu memberikan solusi atas masalah yang ada di lingkungan sekitarnya.

Dilatarbelakangi oleh hasil diskusi dengan Perangkat Desa Margoyoso, Bapak Sudi Hariyanto, serta wawancara dan observasi lingkungan secara langsung kepada masyarakat Desa Margoyoso mengalami permasalahan yaitu berkaitan dengan keuangan. Banyak warga yang terkena dampak pandemi dari segi pendapatan dan kesulitan dalam menjaga keuangan rumah tangga. Para ibu khususnya, mengeluhkan kesulitan untuk mengatur keuangan rumah tangganya terutama di masa pandemi. Pengeluaran yang membengkak menyebabkan cashflow keuangan rumah tangga berantakan serta kurangnya edukasi terkait kiat-kiat mengelola perekonomian rumah tangga.

Penjelasan mengenai pembagian pos ideal pengeluaran dan pencatatan perencanaan pengelolaan keuangan rumah tangga

Program “Perencanaan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga yang Baik di Masa Pandemi Covid-19” hadir sebagai solusi untuk para ibu dan masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Dengan media penunjang power point dan leaflet, kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem door-to-door dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Program dimulai dengan pemaparan pentingnya penerapan financial planning dalam rumah tangga, kemudian diberikan penjelasan mengenai pembagian ideal pos pengeluaran, dan kiat-kiat mengelola keuangan. Selain itu, ibu-ibu juga diajarkan mengenai bagaimana mengelola keuangan baik dengan melakukan pencatatan pemasukan maupun pengeluaran melalui aplikasi yang bisa digunakan di gawai masing-masing beserta cara pengoperasiannya.

Kegiatan program KKN ini mendapat dukungan positif dari Kepala Desa, Perangkat Desa serta warga setempat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Ellen atas program edukasi pengelolaan perencanaan keuangan rumah tangga yang sudah dilaksanakan. Sangat bermanfaat dan memberikan gambaran dan tips bagaimana mengelola keuangan rumah tangga dengan lebih baik serta pentingnya perencanaan keuangan rumah tangga.” ujar Ibu Munzayanah, salah satu warga RT 07 RW 03 Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Jepara.


Leaflet “Perencanaan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga yang Baik di Masa Pandemi Covid-19”

Para ibu rumah tangga merasa terbantu karena memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya financial planning rumah tangga, indikator keuangan rumah tangga yang sehat, porsi pembagian pos pengeluaran yang ideal serta tips merencanakan pengelolaan keuangan rumah tangga yang baik. Semoga dengan pelaksanaan program ini dapat menjadi solusi terkait dengan permasalahan yang dihadapi yaitu masalah pengelolaan keuangan rumah tangga, dan meningkatkan kesadaran warga mengenai pentingnya pengelolaan keuangan rumah tangga, serta dapat menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memiliki perencanaan keuangan rumah tangga yang lebih baik.

Penulis                         : Ellena Vaganza June (Manajemen,FEB)

Dosen Pembimbing  : Marwini, S.HI., Lc., M.Si.