Reportase Minggu Keempat Tim II KKN UNDIP: Menuju Dua Minggu Terakhir Pelaksanaan KKN

Penulis: Lyla Aldora Balqis (13020118140138)
Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Pinandoyo, M. Si. (195701211985031001)

Bulusan, Tembalang – Jumat (28/07/2021) – PPKM level 4 masih diberlakukan di minggu keempat KKN kali ini. Berdasarkan dengan keadaan ini, telah disarankan untuk keseluruhan pelaksanaan sosialisasi program kerja diadakan secara daring. Seluruh pengerjaan program kerja telah diselesaikan dan hanya tinggal menunggu pelaksanaan sosialisasi kepada UMKM Bulusan.

Program kerja yang bersangkutan dengan COVID-19 yang dikerjakan untuk Kelurahan Bulusan berbentuk produk akhir standing banner pada minggu keempat sudah mengalami proses secara bertahap. Desain dikerjakan agar menarik para pembaca atau warga sekitar yang melewatinya, sehingga mereka tertarik untuk membaca apa isi dari standing banner ini. Desain ini juga digunakan untuk poster yang nantinya akan ditempel di tempat-tempat umum sekitar Kelurahan Bulusan. Untuk Kelurahan Bulusan sendiri memiliki tempat-tempat umum yang masih sedikit ramai dan diharapkan dengan adanya poster ini bisa menyadarkan warga yang masih berada di tempat umum untuk mengetahui risiko-risiko yang ditimbulkan saat berada di tempat umum. Juga untuk memberikan informasi kepada warga sekitar untuk mengurangi berada di tempat umum untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 ini, terutama sekarang ini sedang diadakan PPKM yang sudah berada di level 4.

Desain yang tadinya sedang dirancang sudah diselesaikan dan siap untuk dicetak. Desain standing banner dan poster ini dicetak pada hari Rabu, 28 Juli 2021 dan pada hari berikutnya, Kamis, 29 Juli 2021, kelompok 4 akan menuju ke kantor kelurahan untuk menyerahkan produk akhir program kerja ini. Direncanakan bahwa untuk standing banner akan dipasang di kantor kelurahan, masjid, dan tempat yang masih banyak kerumunan warga. Untuk poster kebanyakan akan ditempel di tempat-tempat makan, kafe, dan lain-lain.

Untuk program kerja yang berkaitan dengan jurusan keilmuan, dilakukan pencatatan terlebih dahulu untuk mempermudah menuliskan poin-poin penting ke dalam PowerPoint. Poin-poin penting ini didapatkan dari beberapa sumber yang dijadikan satu menjadi suatu inti yang jelas agar saat disampaikan kepada UMKM Bulusan, para anggota bisa mengerti dengan mudah. Diharapkan dari program kerja ini, anggota UMKM Bulusan bisa mengerti mengenai copywriting dan dapat diterapkan pada produk UMKM Bulusan sendiri. Selain itu juga diberikan contoh istilah-istilah bahasa Inggris dalam bidang perdagangan agar anggota UMKM Bulusan mengetahui apa saja penulisan yang benar dan bisa digunakan dalam copywriting agar tidak terjadi kesalahan penulisan dalam ejaan. Dikarenakan adanya PPKM dan virus COVID-19 ini, semua kegiatan jual-beli atau perdagangan dilaksanakan secara daring, dan copywriting ini juga termasuk dalam pemanfaatan digital marketing.

Materi yang dituliskan dalam PowerPoint sudah diselesaikan dan akan disampaikan kepada UMKM Bulusan. Untuk istilah-istilah bahasa Inggris sendiri, beberapa diambil dari pengamatan saya dalam percakapan di grup Whatsapp yang dilakukan anggota UMKM Bulusan. Sehingga tujuan pembuatan daftar istilah ini agar anggota UMKM Bulusan mengetahui bagaimana penulisan yang tepat. Selain itu, pengenalan copywriting ini juga dimaksudkan agar dapat memberi pemahaman kepada anggota UMKM Bulusan untuk menulis deskripsi produk yang lebih menarik.