WOW! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Mengenai Pemilihan Ikan Segar melalui Media Buku Saku

Buku Saku “Pemilihan Ikan Segar”

Ngesrep, Semarang (25/07/2021) – KKN UNDIP Tim II Periode 2020/2021 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juni – 12 Agustus 2021. KKN tahun ini mempunyai sistem yang sama dengan KKN tahun kemarin yaitu KKN Pulang Kampung dan dilaksanakan dengan metode daring (kehendak wilayah KKN), tetapi tetap diutamakan menggunakan metode daring guna untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Tema KKN Tim II yaitu “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”.

Salah satu mahasiswa KKN UNDIP, Riris Sitoresmi, mahasiswi prodi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, UNDIP yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan yang bernama Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D melaksanakan kegiatan KKN di wilayah Kota Semarang, tepatnya di Kecamatan Banyumanik, Kelurahan Ngesrep, RW 08. Riris menyelenggarakan program kerja dalam kegiatan KKN ini yaitu “Peningkatan Pengetahuan Masyarakat dalam Pemilihan Ikan Segar melalui Buku Saku”.

Mahasiswa ini berinisiatif untuk melakukan edukasi dan membuat buku saku mengenai pemilihan ikan segar yang dimana bisa menjadi sebuah petunjuk masyarakat dalam memilih atau membeli ikan segar. Program ini dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Juli 2021 melalui door to door. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 15.30-17.30 WIB.

Buku saku ini mempunyai beberapa materi yaitu pengertian ikan, kandungan gizi ikan dan manfaaatnya, pengertian ikan segar, ciri-ciri ikan segar, udang segar, cumi-cumi segar, kerang segar, kepiting segar, faktor yang mempengaruhi kesegaran ikan, dan tips menjaga kesegaran ikan. Buku saku itu juga di terdapat gambar-gambar yang menarik dan tulisan yang tidak terlalu panjang sehingga dapat digunakan setiap kalangan usia.

Penyerahan Buku Saku “Pemilihan Ikan Segar” Kepada Warga RW 08

Dalam pelaksanaan program, para bapak-bapak dan ibu-ibu di RW 08 terlihat sangat antusias saat mendengarkan edukasi dari mahasiswa KKN Undip. “Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat untuk ibu-ibu semuanya. Nantinya informasi ini akan saya bagikan ke semua grup WA saya.”-tutur Ibu Indah selaku warga RW 08.

Penulis: Riris Sitoresmi (Teknologi Hasil Perikanan_Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan_26060118140041)

Dosen Pembimbing Lapangan: Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D