Mengajak masyarakat Kaligawe meningkatkan kesadaran Covid-19. Stop hoax!!

Kaligawe (29/7). Semakin meningkatnya Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, menyebabkan beberapa kegiatan di lakukan melalui Daring. Media sosial menjadi jalan alternatif yang dijadikan alat untuk memberikan informasi ataupun bertukar kabar. Sehingga dalam bermedia sosial juga harus menerapkan etika yang baik, tidak boleh dilakukan secara sembarangan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Dengan kesempatan ini mahasiswa KKN Undip Tim II mengajak warga Kaligawe cara agar bijak menggunakan media sosial dengan bijak dan menyaring informasi dengan baik di situasi pandemi dengan penyuluhan melalui poster agar tidak menimbulkan kerumunan. Penggunaan media sosial yang baik dengan cara agar dapat menyari informasi dan tidak langsung percaya terhadap berita- berita yang kurang akurat, waspada terhadap akun-akun baru, serta memfilter akun akun yang diikuti dengan tetap menjaga etika bermedia sosial.

Gambar 1. Penempelan poster

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa warga Kaligawe yang sangat antusias karena mendapatkan ilmu serta informasi yang baru. dalam bermedia sosial sebenarnya itu merupakan salah satu bentuk dalam mengespresikan diri dalam kebebasan berpendapat dan yang lainnya. Namun kita harus bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjerat pada kasus hukum pidana dalam UU No. 19 Tahun 2016 jo UU No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). Penyebar hoax juga diancam pasal 28 ayat 1 UU informasi dan transaksi elektronik (ITE) yang menyatakan “setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong, dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik yang dapat diancam berdasarkan pasal 45A ayat 1 UU No. 19 Tahun 2016 yaitu dipidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak 1 miliar.

maka untuk itu mari kita ajak warga agar tidak mudah percaya dengan berita yang kurang akurat, harus lebih bijak lagi dalam bermedia sosial.

penulis: Annisa Intan Pertiwi/ Fakultas ilmu Hukum

DPL: Damar Nurwahyu Bima, S.Si., M.Si