UMKM GO ONLINE? Mahasiswa KKN UNDIP Ajari Warga Desa Tandang Strategi Marketing & Promosi Jualan Online di Masa Pandemi COVID-19
Semarang (31/07/2021) Menurut data dari Kadata Insight Center (KIC), jumlah UMKM yang ada di Indonesia saat ini sebesar 99,92% atau sekitar 64,1 juta penduduk Indonesia yang memiliki UMKM. Namun 82,9% mayoritas UMKM tengah merasakan dampak negatif akibat munculnya pandemi Covid-19 yang menyebabkan penghasilan mereka menurun drastis, dan hanya sebagian kecil yang mengalami pertumbuhan positif dari total 6 sektor UMKM. Oleh karena itu, sangat penting adanya edukasi kepada UMKM mengenai Digital Marketing yang baik dan benar agar setiap pelaku UMKM dapat terus menjalankan dan mengembangkan bisnis/usaha mereka meski di tengah pandemi Covid-19 ini. Pasalnya dalam mengembangkan sebuah bisnis/ usaha melalui platform online tidaklah mudah dan perlunya edukasi serta pelatihan lebih dalam mengenai Digital Marketing. Lantas akan menimbulkan pertanyaan, mengapa Digital Marketing itu penting? Dan bagaimana strategi pemasaran dan promosi online yang baik dan benar?
Rasa penasaran dan keingintahuan warga RW 07 khususnya para pelaku UMKM di kawasan Kelurahan Tandang, Kecamtan Tembalang, Kota Semarang telah terjawab usai mengikuti sosialisasi program KKN TIM II Universitas Diponegoro periode 2020/2021. Meskipun program tersebut dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19, namun para pelaku UMKM di RW 07 sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti program keilmuan KKN yang bertajuk pada “Pengembangan & Edukasi UMKM Melalui Platform Digital (E-Commerce)”. Program tersebut diselenggarakan oleh salah satu mahasiswa KKN UNDIP yang bernama Olga Berlianti Putri Harina dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Departemen Manajemen angkatan 2018.
Pelaksanaan program sosialisasi tersebut dilakukan secara rumah ke rumah (door to door) mengingat diharuskan melakukan social distancing sehingga mahasiswa yang kerap dipanggil Olga tersebut hanya berkunjung ke beberapa rumah saja untuk berbagi ilmu yang telah ia pelajari selama di bangku perkuliahan. Harapannya sangat sederhana, yaitu agar para pelaku UMKM di RW 07 lebih aware terkait pentingnya Digital Marketing bagi UMKM serta dapat membantu para pelaku UMKM di RW 07 untuk terus mengembangkan usaha mereka meski di tengah pandemi Covid-19.
(Sabtu, 24 Juli 2021) tepatnya pada minggu ke- 4 pelaksanaan program KKN tersebut dilakukan di rumah warga para pelaku UMKM di RW 07 Kelurahan Tandang, dimana sebelumnya Olga dan teman-teman KKN lainnya yang bertugas diwilayah terebut sudah memohon izin terlebih dahulu kepada Ketua RW 07 yaitu, Bapak Prasetio untuk melakukan sosialisasi secara door to door di rumah warga pelaku UMKM. Sambutan hangat pun diberikan oleh warga pelaku UMKM yang Olga kunjungi rumahnya untuk diberikan sosialisasi mengenai pentingnya Digital Marketing bagi UMKM.
Program tersebut diawali dengan perkenalan dan ucapan terima kasih Olga kepada Warga pelaku UMKM karena telah diberikan kesempatan untuk berkunjung ke rumah mereka serta memberikan kesempatan untuk berbagi sedikit ilmu. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan materi mengenai Digital Marketing, Strategi Marketing untuk UMKM, Tips Promosi, Tips Penjualan Online, serta Cara pembuatan akun di E-Commerce seperti (Shopee, Tokopedia & Go-Jek). Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan langsung dalam membuatkan akun di E-Commerce serta cara membuat konten dan informasi bisnis yang baik dan benar. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya warga dalam mengikuti pelatihan tersebut karna memang pada dasarnya masih banyak warga pelaku UMKM di RW 07 yang masih minim pengetahuan terkait kemajuan teknologi atau bisa disebut “Gaptek”. Hal ini pula membuat Olga semangat dalam mangajarkan pelaku UMKM secara perlahan untuk terus mengembangkan usaha mereka melalui platform online/digital.
Pelaksanaan program tersebut pun kian menarik perhatian warga setelah Olga memberikan Link Video YouTube kepada warga terkait edukasi Digital Marketing bagi UMKM yang dimana video animasi tersebut diharapkan dapat membantu apabila ada warga yang masih belum paham atau lupa, sehingga dapat melihat kembali penjelasan yang telah dijelaskan di video tersebut.
Selain itu warga pelaku UMKM sangat antusias mengikuti program ini, dengan dibuktikannya salah satu warga pelaku UMKM tersebut meminta Olga untuk mengajari cara pembuatan label pengemasan dan Logo produk yang menarik untuk usaha mereka. Kemudian Olga juga memberikan cendera mata berupa New Norma Starter Kit bagi warga pelaku UMKM yang dikunjungi agar tidak lupa untuk selalu waspada dan mematuhi protocol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini serta pemberian Leaflet mengenai Strategi marketing dan Tips Konten Promosi yang baik.
Tak lupa juga Olga mengingatkan kepada warga pelaku UMKM di RW 07 untuk tidak takut lagi dalam menjalankan bisnis mereka di masa pandemi, sebab justru dengan adanya era pandemi ini serta kemajuan teknologi yang terus berkembang dapat mengembangkan kreativitas bagi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan bisnis mereka sehingga dapat memajukan penjualan dan perekonomian di Indonesia.
Penulis : Olga Berlianti Putri Harina
Dosen Pembimbing : Nurhasmadiar Nandini., S.KM., M.Kes.
Lokasi : RW 07 Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.