Program Sahabat Vaksin Dan Keselamatan Kelistrikan oleh KKN TIM II UNDIP di Kecamatan Warungasem, Batang

Sidorejo, Batang (31/07/2021) – Upacara Pelepasan KKN Tim II 2020/21 mahasiswa Universitas Diponegoro telah dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021, dan pada upacara tersebut mahasiswa Universitas Diponegoro diberi tugas untuk melaksanakan KKN di kampung sendiri atau disebut dengan “KKN Pulang Kampung”. Dengan mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah kerja Nyata”, kegiatan KKN di kampung masing-masing mahasiswa akan berlangsung selama 45 hari, dan salah kegiatan KKN pun juga dilaksanakan oleh mahasiswa Undip di desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang.

Picture3

Gambar 1. Peta Desa Sidorejo

Dusun Sidorejo merupakan salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Dengan luas wilayah sekitar 165 Ha, jumlah penduduk sebanyak 4235 jiwa dan kepadatan 35 jiwa/km². Wilayah ini tergolong lokasi yang luas dan penduduk yang lumayan banyak, maka dari itu pentingnya penanganan dan edukasi terhadap Virus Covid 19 menjadi suatu keharusan.

Setelah berjalannya upacara pelepasan KKN Tim II Periode 2020/21, mahasiswa yang menjalankan KKN Tim II di Batang melakukan pengurusan perizinan KKN ke Kesbangpol Kabupaten Batang. Perizinan diwakili oleh Ketua Tim KKN TIM II Batang, Hendra. Perwakilan ini dimaksudkan untuk mencegah terbentuknya kerumunan yang berpotensi terjadi penularan virus Covid 19 pada proses perizinan tersebut.

Picture2

Gambar 2. Perizinan ke Kabupaten Batang

Setelah melakukan pengurusan perizinan di Kabupaten, perizinan ini pun dilanjutkan di kelurahan dan RT masing-masing lokasi. Proses perizinan berjalan baik dan lancer dengan tetap melaksanan protokol kesehatan dimana kedatangan mahasiswa disambut dengan baik oleh Lurah dan Ketua RT.

Picture1

Gambar 3. Perizinan KKN ke RT Desa Sidorejo

Selanjutnya Mahasiswa melakukan Survei terhadap Desa terkait penyusunan program yang akan dilakukan, sebelum melakukan survei Mahasiswa telah melaksanakan Test Antigen Swab sebagai Langkah pencegahan penyebaran Virus Covid 19 dan memberikan rasa aman bagi warga Desa Sidorejo. Selanjutnya survei dilaksanakan hingga mendapatkan beberapa gambaran terkait desa.

Namun, pada saat pelaksanaan KKN terdapat kabar duka terkait meningkatnya jumlah virus Covid 19 terutama varian Delta, menurut wawancara dengan Ketua RT setidaknya ada 12 orang yang meniggal akibat Covid 19 saat melonjaknya angka pasien penderita virus Covid 19. Maka dari itu terjadi perubahan konsep menjadi KKN yang mengutamakan kegiatan Daring atau tidak berkontak dengan warga.

Salah satu upaya pemerintah dalam menangani adanya lonjakan kenikan yang semakin tajam adalah dengan menggalakan program vaksin. Namun masih banyak masyarakat yang merasa takut dan juga belum mengerti cara kerja dari vaksin. Hal ini yang membuat Mahasiswa tim II KKN UNDIP Jurusan Rekayasa Perancangan Mekanik, Muhammad Ilham Riyadi, mengadakan program yang bernama Sahabat Vaksin sebagai sarana mengedukasi warga Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Salah satu kegiatannya yang telah dilaksanakan pada 15 Juli lalu yang dilaksanakan yaitu webinar melalui zoom meeting.

masyarakat belum familiar terhadap program vaksinasi dari pemerintah dan masih banyak yang belum paham dengan cara kerja vaksin Covid 19. Beberapa masyarakat juga yang mengalami ketakutan akan adanya vaksin karena berita yang belum tentu benar atau hoax. Hal ini terjadi kurangnya sosialisasi dilingkungan masyarakat terkait Vaksinasi


IMG-20210728-092643-003

Gambar 4. Webinar Online Kegiatan KKN


selain tema terkait  vaksinasi, Mahasiswa vokasi ini juga melalukan sosialisasi bertajuk pengenalan produksi listrik dan peralatan kelistrikan. Tingginya ancaman terhadap bahaya kelistrikan menjadi hal utama webinar ini. Penggunaan listrik yang sembarangan dan tidak memperhatikan keselamatan akan berakibat fatal karena listrik memiliki bahaya berupa tegangan tinggi yang mampu memtikan bila sampai tersetrum. (MIR)

Penulis: Muhammad Ilham Riyadi (Rekayasa Perancangan Mekanik / 40040220655009)

Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Cahya Setya Utama S.Pt., M.Si., IPM

Lokasi KKN: Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang