Pemberdayaan UMKM Untuk Mencapai SDG’s 2030, Mahasiswa Undip Sosialisasikan Pemasaran Digital Kepada Pelaku UMKM Wates
Wates (30/7) – Untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat menjadi garda terdepan dalam pencapaian pilar ekonomi agenda pembangunan dunia pada 2030 nanti. Karena UMKM memiliki peran penting dalam penciptaan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis, adaptasi dan mitigasi dampak negatif ekonomi, sosial dan lingkungan pada operasi bisnis untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Sosialisasi pemberdayaan UMKM dalam pemasaran digital ini diberikan Mahasiswa KKN tim II Undip kepada para pelaku UMKM di RW 01 Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Dengan harapan pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produknya agar jangkauan pasarnya lebih luas sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia juga nantinya.
Sosialisasi dilakukan dengan menyampaikan materi tentang manfaat apa saja yang diperoleh pelaku UMKM ketika menerapkan pemasaran digital pada usahanya, salah satu manfaatnya yaitu mudahnya dalam mendapatkan pelanggan karena sekarang sangat mudah mendapatkan informasi apapun dari internet. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika para pelaku bisnis bisa memanfaatkan media digital yang ada untuk melakukan promosi demi menjangkau semua pengguna internet di manapun mereka berada. Sekarang ini internet sudah masuk ke kehidupan manusia dan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) penetrasi pengguna internet tahun 2019 – 2020 yaitu sebesar 196,71 juta jiwa pengguna internet dari total populasi sebanyak 266,91 juta jiwa penduduk Indonesia yang mana meningkat 8,9% pengguna internet dari tahun 2018. Sehingga hal ini dapat menjadi peluang bagi UMKM untuk menggunakan teknologi informasi sebagai media dalam mengembangkan pasarnya .
Penyampaian sosialisasi ini dilakukan dengan cara sosialisasi melalui booklet yang dibagikan kepada pelaku bisnis di RW 01 Kelurahan Wates karena adanya perpajangan PPKM darurat sehingga sosialisasi tidak dapat dilaksanakan secara massal. Dan juga sebagai upaya untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19. Meskipun sosialisasi disampaikan melalui media buku namun pelaku UMKM dapat teredukasi dengan baik tentang apa itu pemasaran digital dan bagaimana menerapkannya.
Penulis : Widad Nabila Azzahra
DPL : Dr. Fuad Muhammad, SSi, MSi.