Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, Mahasiswa KKN UNDIP Bersama Warga Ngapak Bahu Membahu Persiapkan Peringatan HUT RI Ke-76

Banyumas (01/08) – Bulan Agustus memiliki makna tersendiri bagi Bangsa Indonesia, dimana bulan ini menjadi saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia 76 tahun silam yang akhirnya menghantarkan Indonesia ke pintu kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh merupakan tema peringatan HUT RI yang ke-76. Tema ini mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik (Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia).

Dokumentasi Kegiatan Pemasangan Bendera, Umbul-Umbul, Spanduk, dan Penyemprotan Disinfektan

Merujuk pada Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT RI Ke-76, dinyatakan bahwa dalam rangka menyemarakkan Peringatan HUT RI Ke-76,  Warga Indonesia dapat ikut berpartisipasi dengan cara mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1-31 Agustus 2021, memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya. Seperti halnya dengan Warga Desa Sokaraja Kidul, pada hari Sabtu (31/07) hingga Minggu (01/08), penulis bersama dengan beberapa remaja desa dan perangkat desa mengadakan kerja bakti pemasangan bendera, umbul-umbul dan spanduk HUT RI di sekitar lingkungan Balai Desa Sokaraja Kidul. Kemudian di Hari Minggu (01/08), penulis juga mengikuti kerja bakti penyemprotan disinfektan, pemasangan bendera, pemasangan umbul-umbul, dan membersihkan lingkungan di RT 02 RW 01 bersama beberapa warga dan remaja RT 02 RW 01. Kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Desty Dwi Lestari – FEB Undip 2018

Dosen Pembimbing : Dr. rer. nat Thomas Triadi Putranto, ST., M.Eng.