Tingkatkan Konsumsi Makan Ikan! Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi GEMARIKAN Ditengah Pandemi Covid-19

Metro (20/07/2021). Angka penyebaran covid-19 yang terus menerus naik membuat masyarakat diharuskan untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan imunitas tubuh agak terhidar dari covid-19. Kondisi tersebut mendorong Rhamadyanti Adaninggar, mahasiswi KKN UNDIP TIM II 2021untuk memberikan edukasi tentang pentingnya makan ikan terlebih di era pandemi seperti sekarang. Masyarakat masih banyak yang belum mengetahui tentang kandungan bergizi yang ada didalam ikan.
Kegiatan sosialisasi diadakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting yang dihadiri oleh warga RT 025 / RW 007, Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro. Kegiatan sosialisasi dimulai dengan penjelasan menggunakan power point yang berisi materi sosialisasi tentang kandungan yang ada di dalam ikan. Ikan merupakan salah satu sumber gizi yang dapat meningkatkan sitem kekebalan tubuh manusia serta dapat mencegah masuknya virus.
Ikan mengandung protein, vitamin A, B6, B12 dan D, Flour, Selenium, Yodium, Seng, Asam Lemak Tak Jenuh, Zat Besi, Omega 3, 6 dan 9. Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak essensial yang membantu menekan peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terkendali.








Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (20/07). Target peserta sosialisasi tersebut adalah warga di RT 025 / RW 007. Para warga sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi tersebut. Menurut saudari Cesar konsumsi ikan di RT 025 / RW 007 sangat rendah dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan ternyata lebih tinggi dibanding ayam. Setelah sosialisasi tentang nutrisi/gizi pada ikan para warga mengerti bahwa ikan memiliki banyak keunggulan dibanding daging lain yaitu harganya murah, nutrisi/gizi pada ikan ternyata tinggi, tidak kalah dengan kandungan gizi yang ada pada daging sapi/ayam dan dapat meningkatkan imun pada tubuh.








Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan agar masyarakat RT 025/RW 007 dapat mendongkrak angka konsumsi ikan dan dapat mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan.