SERUNYA MEMBUAT HANDSANITIZER BERSAMA WARGA KEDUNGSARI

Edukasi dan Pembuatan Handsanitizer

Magelang (24/7) Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan kegiatan edukasi mengenai Covid-19 dilanjutkan dengan pembuatan handsanitizer bersama warga RT 05 RW 04 Kedungsari, Kota Magelang, Jawa Tengah. Namun sebelum kegiatan dimulai, protokol kesehatan dipastikan telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan anjuran yang ada. Kegiatan diawali dengan edukasi mulai dari varian terbaru dari Covid-19, panduan isolasi mandiri, serta vaksinasi. Kegiatan ini tentunya juga mendukung program pemerintah dalam percepatan penangan kasus Covid-19 yaitu mengenai vaksinasi. Media yang digunakan dalam kegiatan ini adalah e-booklet yang nantinya juga akan dibagikan kepada warga sehingga dapat dibaca kembali setelah acara berlangsung. Diskusi dilakukan secara dua arah serta kami juga melakukan sesi tanya jawab sehingga memudahkan kami mengetahui tingkat pemahaman warga mengenai Covid-19 serta menciptakan suasana komunikatif. Tidak hanya itu, ada sesi yang menarik dalam program kali ini, dimana warga yang pernah terpapar Covid-19 menceritakan pengalamannya selama berjuang melawan Covid-19 dan kami saling memberi semangat satu sama lain.

Setelah edukasi dan diskusi selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan handsanitizer. Setiap warga yang dating berkesempatan untuk bersama-sama membuat handsanitizer yang nantinya dibawa pulang oleh masing-masing warga. Alat dan bahan dalam pembuatan handsanitizer juga telah disiapkan, seperti botol handsanitizer, alkohol 70%, dan aloevera. Warga begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena warga berperan secara aktif dalam proses pembuatan handsanitizer.

Diakhir acara, Mahasiswa KKN membagikan tempat masker dan masker kain kepada warga yang telah hadir dalam kegiatan ini. Tempat masker yang dibagikan dapat digunakan untuk menyimpan masker dan sangat praktis untuk dibawa ketika harus berada di luar rumah. Selain tempat masker, masing-masing warga juga mendapatkan masker kain yang juga bertuliskan anjuran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini anjuran memakai masker yang benar yaitu menggunakan masker medis berlapis masker kain. Masker kain yang dibagikan kepada warga juga dapat dicuci serta digunakan berkali-kali.

Reporter : Melkior Krisna Arondaya | Editor : Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum.,M.Hum.

Pembagian Tempat Masker dan Masker Kain kepada Warga