Mahasiswa KKN Undip Gandeng Dokter Wilayah Setempat Sebagai Upaya Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19

Semarang (02/08/21) – KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021 telah dilaksanakan sejak tanggal 31 Juni 2021 hingga 12 Agustus 2021 dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan(SDGs). Pada KKN ini bertepatan dengan diberlakukannya PPKM Darurat dikarenakan lonjakan kasus COVID-19. Dengan adanya kondisi tersebut kegiatan KKN ini dilakukan secara daring untuk meminimalisir adanya interaksi secara langsung dengan warga demi keamanan bersama. Meskipun KKN ini dilaksanakan secara daring tidak menjadi penghalang bagi para mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat.

Mengingat penyebaran penularan covid-19 yang begitu cepat, yang disebabkan oleh berbagai factor seperti menurunnya ketaatan terhadap protokol kesehatan hingga kemunculan varian baru. Hal ini mengaharuskan masyarakat untuk beradaptasi terhadap pola hidup baru dengan selalu menaati protocol Kesehatan 5M.

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan
  3. Menjaga jarak
  4. Menjauhi kerumunan
  5. Mengurangi mobilitas

Adaptasi pola hidup baru dengan menaati protokol Kesehatan 5M ini perlu untuk disosialisasikan secara masif. Arya Krisna Putra (21) merupakan salah satu mahasiswa Departemen Ilmu Komputer/Informatika Fakultas Sains dan Matematika menyebarkan poster mengenai “Adaptasi Protokol Kesehatan 5M” ditempat strategis yang dapat dilihat oleh masyarakat setempat. Tidak hanya itu, mahasiswa ini bekerja sama dengan salah satu dokter umum di wilayah Kelurahan Krobokan, untuk memasifkan penyebaran informasi untuk mencegah penularan COVID-19.

Penyebaran Poster “Adaptasi Protokol Kesehatan 5M”
Permohonan Izin Penempelan Poster di Tempat Praktek Dokter Setempat

Tidak hanya melalui media cetak, mahasiswa satu ini memanfaatkan media online berupa video yang disebarkan melalui Youtube. Berikut merupakan alamat video tersebut : https://www.youtube.com/watch?v=2CC5FgArrLU

Video “Adaptasi Protokol Kesehatan 5M” pada Youtube

Program ini dilakukan dari tanggal 30 Juli hingga 2 Agustus 2021 di daerah Kelurahan Krobokan, Semarang Barat, Semarang dengan harapan dapat membantu Indonesia untuk mengurangi rantai penyebaran covid-19.

Penulis: Arya Krisna Putra (Departemen Ilmu Komputer/Informatika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro.

Dosen Pembimbing Lapangan: Nuryanto, S.Gz., M.Gizi.