Mahasiswi Undip Ajak UMKM Memanfaatkan Digital Marketing (Pemasaran Online) dan Pengelolaan Keuangan Sederhana di Masa Pandemi

Karanganyar (02/08/2021). Pandemi Covid-19 belum berakhir, masyarakat diharuskan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dampak yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 turut dirasakan oleh pelaku UMKM seperti mengalami penurunan omzet penjualan bahkan ada yang harus menutup usahanya. Beberapa pelaku UMKM masih memasarkan produk jualannya secara konvensional. Selain itu, dalam mengelola keuangannya juga masih belum teratur seperti belum adanya manajemen keuangan. Padahal pengelolaan keuangan usaha yang baik dan teratur sangat diperlukan karena dapat memudahkan pelaku UMKM untuk mengetahui kondisi keuangan usahanya.

Saat ini penggunaan internet dan teknologi semakin berkembang dengan pesat sehingga dapat dijadikan sebagai peluang untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang ingin ditawarkan. Terlebih di masa pandemi ini pelaku UMKM dapat mulai mengubah strategi pemasaran produknya seperti melakukan pemasaran secara online dengan memanfaatkan media digital dan jaringan internet. Kemudian pelaku UMKM juga perlu melakukan manajemen keuangan usaha dengan baik agar dapat dengan mudah mengetahui kondisi keuangannya sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk mengembangkan usahanya di masa yang akan datang.

Berdasarkan hal tersebut, Eka Sri Puspaningsih mahasiswi peserta KKN Tim II UNDIP melaksanakan program edukasi pemanfaatan digital marketing (pemasaran online) dan pengelolaan keuangan sederhana bagi UMKM khususnya untuk pelaku UMKM yang berada di Desa Jatiwarno. Program edukasi ini diadakan dengan tujuan agar menjadi solusi alternatif bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk jualannya seperti melakukan pemasaran secara online dan mengelola keuangan usahanya dengan teratur sehingga pelaku UMKM dapat melihat kondisi keuangan usahanya.

Program edukasi ini dilaksanakan dengan memberikan edukasi kepada beberapa pelaku UMKM di Desa Jatiwarno. Pelaksanaan program ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada Senin (26/07/2021) mengenai digital marketing (pemasaran online) yang dilakukan secara online melalui grup whatsapp dengan memberikan video edukasi tentang penjelasan digital marketing dan strategi melakukan pemasaran online beserta leaflet yang berisi penjelasan digital marketing dan manfaat melakukan digital marketing.

Pemberian template catatan keuangan sederhana kepada beberapa pelaku UMKM

Untuk sesi kedua dilaksanakan pada Selasa (27/07/2021) mengenai pengelolaan keuangan sederhana yang dilakukan secara online melalui grup whatsapp dengan memberikan video edukasi tentang tips mengelola keuangan usaha di masa pandemi dan cara membuat laporan keuangan sederhana bagi UMKM. Kemudian dilanjutkan secara door to door dengan memberikan template pembukuan atau pencatatan keuangan sederhana dan penjelasan singkat bagaimana cara untuk mengisi template catatan keuangan kepada beberapa pelaku UMKM di Desa Jatiwarno dengan harapan pelaku UMKM dapat mulai mengelola keuangan usahanya dengan teratur sehingga dapat memudahkan pelaku UMKM untuk mengetahui kondisi keuangan usaha untuk perkembangan usahanya di masa yang akan datang.

Penulis : Eka Sri Puspaningsih (Statistika, Fakultas Sains dan Matematika)

DPL    : Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D.