Mahasiswa UNDIP Bocorkan Video Jurus Lezat Lawan Covid-19

Kelurahan Mranggen, Demak (23/7) – Mahasiswa undip melakukan edukasi terkait pembuatan yogurt sebagai peningkat imun di tengah pandemi kepada Ibu-ibu RT 02 Kelurahan Mranggen, Demak. Edukasi dilakukan secara online pada tanggal 23 Juli 2021 dengan membagikan poster dan link video yang telah dibuat melalui Whatsapp untuk menghindari terjadi kerumunan.

Saat ini kasus positif Covid-19 sedang mengalami peningkatan khususnya di Kelurahan Mranggen, Demak, selain itu saat ini juga sedang terjadi kelangkaan salah satu produk susu yang dipercaya dapat meningkatkan imun untuk menghadapi Covid-19. Oleh karena itu hal ini tentu perlu diluruskan terkait manfaat tersebut serta memberikan sebuah alternatif produk pangan lain yang dapat menjaga imun tubuh. Salah satu produk yang dapat menjagan imun tubuh adalah minuman yogurt.

Yogurt merupakan minuman fermentasi yang di dalamnya terdapat Bakteri Asam Laktat (BAL) yang berfungsi untuk kesehatan pencernaan yang kemudian akan berdampak juga pada sistem imun tubuh, karena 70% sistem imun dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan. Akan tetapi belum banyak warga RT 02 Kelurahan Mranggen, Demak yang mengetahui hal ini dan manfaat lainnya yang begitu banyak pada produk tersebut, oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi dengan target Ibu-ibu warga RT 02. Program ini juga disambut baik dan didukung penuh oleh Bapak Sunarno selaku ketua RT02 RW 07 di Kelurahan Mranggen, Demak.

“Program sesuai dengan apa yang diperlukan saat ini, silahkan untuk melakukan program tersebut, kami siap membantu yang terpenting jangan menimbulkan kerumunan”

Tutur Bapak Sunarno selaku ketua RT 02

Dalam pelaksanaan sosialisasi, mahasiswa undip melakukannya secara online pada hari Jumat, 23 Juli 2021, yaitu dengan membuat video edukasi yang kemudian diuploud ke dalam Youtube dengan judul “Hidup Sehat di Tengah Pandemi | Membuat Minuman Yogurt Untuk Daya Tahan Tubuh” sekaligus membuat poster untuk disebarkan melalui grup Whatsapp RT 02.

poster yogurt.jpg
Poster yang akan Dibagikan

Pelaksanaan program secara daring sangat tepat dilakukan di masa pandemi karena tidak akan menimbulkan kerumunan serta lebih fleksibel karena materi bisa dilihat kapan saja dan di mana saja.

PicsArt_07-21-11.30.45.jpg
Video Edukasi Diputar di Sela-Sela Aktivitas Rumah

Bahan baku yogurt dan proses pembuatannya tergolong mudah dan murah sehingga melalui sosialisasi ini diharapkan warga RT 02 dapat mempraktekkan di rumah masing-masing serta mengonsumsinya setiap hari agar masyarakat dapat hidup sehat dan terhindar dari serangan Covid-19.

Penulis : Dinar Manunggaling Suryo (Teknologi Pangan-FPP)