Begini Tips & Trik Menghemat Energi Di Masa Pandemi

Mranggen, Demak (25/07) Di masa pandemi ini banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan sebagai bentuk preventive dalam pencegahan penyebaran virus Covid – 19. Tidak sedikit upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menangani kasus Covid – 19 yang marak terjadi Di Indonesia, diantaranya yakni mengajak seluruh masyarakat untuk selalu taat terhadap protokol – protokol kesehatan yang ada serta mempercepat vaksinasi di seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Salah satu himbauan protokol kesehatan yakni mengurangi mobilitas. Yaitu tidak keluar rumah unuk melakukan sesuatu yang tidak perlu. Jikapun harus terpaksa memiliki mobilitas yang tinggi di luar rumah, wajib hukumnya untuk disiplin dan ketat terhadap protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid – 19. Mengurangi mobilitas untuk tetap di rumah saja memberikan strategi baru dalam dunia pendidikan dan dunia pekerjaan (pekerjaan yang memungkinkan) untuk dapat tetap melakukan tugas dan fungsinya dengan tetap di rumah. Seperti yang biasa kita kenal “Belajar dari rumah” “WFH atau Work From Home“. Dengan bertambahnya aktivitas yang dilakukan di rumah, maka hal ini berbanding lurus dengan biaya konsumsi energi yang dikeluarkan masyarakat. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP Tim 2 Periode 2020/2021 memberikan tips & trik cara menghemat energi di masa pandemi.

Poster Hemat Energi

Tidak hanya itu, melalui Program KKN yang dilakukan Di Desa Mranggen ini, mahasiswa melakukan salah satu tips menghemat energi dengan memasang sensor photovoltaic. Sensor ini memanfaatkan cahaya matahari untuk mengatur nyala dan mati lampu penerangan jalan dan teras rumah warga. Ibu Mentari (29) merupakan salah seorang warga yang merasa terbantu dengan keberadaan sensor ini. “Di masa pandemi ini, karena kesibukan saya bekerja sebagai tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit, saya sering lupa bahkan mengabaikan untuk mematikan lampu teras. Setelah mendapat edukasi hemat energi dan dipasangkan sensor photovoltaic oleh mahasiswa KKN, saya jadi sangat terbantu.” tutur Ibu Mentari.

Pemasangan sensor photovoltaic di rumah rumah warga

Selain menghemat pengeluaran biaya untuk energi, dengan menghemat energi maka kita turut serta dalam upaya pemerintah untuk melestarikan lingkungan dan mengurangi gas emisi yang dibuang di atmosfer serta turut berperan dalam upaya pemerintah untuk elektrifikasi daerah – daerah yang belum teraliri listrik.

Cintai Negeri, Mari Kita Hemat Energi!

Penulis: Yoseph Hendra Setiawan Sambodo
DPL : Ir. Ibnu Pratikno, M.Si