HEBOH! Akibat PPKM darurat, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Cara Budidaya Bunga Telang sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Masyarakat Kalongan

Semarang (25/07) – Akibat adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan KKN atau Kuliah Kerja Nyata TIM II Universitas Diponegoro tahun 2021 dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing atau dapat disebut sebagai KKN Pulang Kampung.

Pandemi Covid-19 saat ini sedang mengalami lonjakan sehingga mengakibatkan pemerintah memberlakukan PPKM atau Pembentukkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang menyebabkan terbatasnya kegiatan masyarakat Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Pemberlakuan PPKM mengakibatkan tingkat produktivitas masyarakat mengalami penurunan.

Kegiatan masyarakat yang semakin terbatas akibat pemberlakuan PPKM oleh pemerintah mengakibatkan masyarakat mengalami penurunan dalam tingkat produktivitasnya. Meninjau dari permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021, Khaulah Nadhifah melaksanakan program kerja dengan tema “Sosialisasi Budidaya Bunga Telang sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Masyarakat Desa Kalongan” di bawah bimbingan Bagus Rahmanda, S.H, M.H selaku dosen pembimbing lapangan dengan sasaran dari pelaksanaan program ini yaitu warga Desa Kalongan khususnya ibu-ibu yang bertempat tinggal di RT 04/RW 08. Program KKN ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2021 secara online melalui WhatsApp group RT RW Desa Kalongan.

Sosialisasi budidaya bunga telang kepada masyarakat melalui WhatsApp group RT RW Desa Kalongan (Sumber: Dok. Pribadi).

Sesuai dengan yang telah dipaparkan, bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat produktivitas masyarakat Desa Kalongan akibat pemberlakuan PPKM. Pelaksanaan program kegiatan tersebut disambut hangat oleh Kepala Desa Kalongan, para ketua RT dan ketua RW Desa Kalongan. Mereka menyimak dengan seksama serta mengikuti setiap acara sosialisasi dengan antusias walaupun kegiatan sosialisasi dilakukan secara online dengan alasan untuk mengurangi adanya kerumunan dan menghindari kemungkinan terburuk yang dapat terjadi akibat pandemi Covid-19. Pembuatan modul yang berisi tentang cara budidaya bunga telang yang baik digunakan sebagai pendukung kegiatan sosialisasi budidaya bunga telang dengan modul yang dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Dengan adanya program sosialisasi budidaya bunga telang ini diharapkan masyarakat Desa Kalongan dapat menerapkan cara budidaya yang baik dan benar serta dapat memanfaatkan hasil tanaman dengan baik.

Gardening kit bunga telang ungu. (Sumber: Dok. Pribadi).

Pelaksanaan program yang telah dilakukan secara online dilanjutkan dengan pembagian gardening kit kepada ibu-ibu warga Desa Kalongan Khususnya RT 04/RW 08. Gardening kit yang berisi media tanam, benih bunga telang, stiker, dan pot yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan budidaya bunga telang yang baik dan benar dibagikansecara door to door atau mengunjungi setiap rumah.

Pembagian gardening kit kepada ibu-ibu warga RT. 04/RW. 08 Desa Kalongan. (Sumber: Dok. Pribadi).

Penulis: Khaulah Nadhifah, 23020218140056, Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro.

Dosen Pembimbing: Bagus Rahmanda, S.H, M.H

#KKNTimIIPeriode2021

#LPPMUndip

#P2KKNUndip