KKN UNDIP TIM II 2021: OPTIMALKAN PENGGUNAAN FB DORONG PERKEMBANGAN PEMASARAN PRODUK UMKM DESA TENGGULI
Pelaksanaan Program KKN Undip Tim II 2021

Jepara – Mahasiswa KKN Undip Tim II dorong peningkatan pemasaran produk UMKM di Desa Tengguli Bangsri Jepara dengan mengoptimalkan penggunaan FB pada Sabtu (31/7).
Pelaksanaan program KKN dilakukan dalam bentuk sosialisasi secara online via WA dengan melibatkan anggota UMKM Desa Tengguli. Anggota UMKM ini berjumlah 20 orang. Produk unggulan dari Desa Tengguli adalah kerupuk samier yang terbuat dari bahan dasar singkong.
Singkong merupakan salah satu makanan lokal khas Desa Tengguli. Beberapa masyarakat diketahui mengolah singkong menjadi bentuk lain yang lebih bernilai guna, yaitu dibuat kerupuk. Kerupuk singkong ini dinamakan kerupuk samier. Kerupuk samier ini dibuat secara homemade. Produk homemade ini dibuat sangat sederhana dengan cara manual. Kebanyakan hasil pembuatan kerupuk ini dijual secara mentah dengan harga 16 ribu per kilogramnya.

Untuk meningkatkan nilai jual dari kerupuk samier ini, mahasiswa KKN Undip mengubah olahan sederhana ini menjadi lebih menarik. Kerupuk samier yang biasanya dijual mentah diolah terlebih dahulu. Kerupuk digoreng kemudian diberikan rasa – rasa. Setelah itu dikemas dalam plastik yang lebih menarik dengan ditempeli label agar lebih bagus. Setelah dikemas produk dipasarkan melalui media sosial. Media sosial yang digunakan adalah FB marketplace.

Pemilihan FB marketplace sebagai tempat pemasaran produk karena FB merupakan aplikasi yang familiar digunakan. Ibu – ibu sering bermain FB. Namun, penggunaan FB marketplace belum banyak diketahui, untuk itu mahasiswa KKN Undip memberikan sosialisasi kepada ibu – ibu UMKM bagaimana cara memanfaatkan penggunaan FB untuk mendorong bisnis.

Penggunaan FB marketplace ini memudahkan penjual untuk meningkatkan penjualan. Penjual dapat mengatur target lokasi penjualan yang dapat disesuaikan lokasi usaha. Dengan begitu, produk UMKM yang dihasilkan semakin meluas dan banyak orang yang melihat kemudian tertarik untuk membeli produk UMKM. Dengan meningkatnya orang yang mengetahui keberadaan produk UMKM ini, maka akan semakin meningkatkan penjualan.
Upaya yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk UMKM Desa Tengguli untuk lebih tersebar luas. Melalui kegiatan ini, pengetahuan masyarakat terutama anggota UMKM dalam memanfaatkan media sosial FB semakin optimal. Sehingga diharapkan hasil kegiatan dapat terus dilaksanakan di kemudian hari untuk mendorong perkembangan UMKM di Desa Tengguli.
Rifana Hemasdevy – IE FEB Undip 2018
Dosen Pembimbing : Marwini, S.H.I., MA., M.Si.
Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Jawa Tengah
KKN Undip TIM II 2021