Dapat Menyuburkan Tanah!! Mahasiswa KKN Undip Ajari Cara Mengolah Limbah Cangkang Telur Jadi Pupuk Organik

Sosialisasi RW III

Semarang (26/07) Telur merupakan bahan pangan hasil peternakan yang memiliki banyak sekali manfaat, disamping mengandung zat gizi yang berguna untuk tubuh telur juga merupakan pangan sumber protein yang memiliki harga yang cukup terjangkau. Mengonsumsi telur dapat membantu dalam menjaga jaringan tubuh, membantu menurunkan penyakit jantung, menjaga kesehatan mata dan otak, menurunkan kadar kolestrol dan menguatkan sistem imun tubuh. Dimasa pandemi Covid-19 telur memiliki manfaat dalam menguatkan sistem imun tubuh karena telur mengandung beragam zat gizi yang penting diantaranya yaitu asam amino, vitamin A, vitamin B12 dan mineral selenium. Dilihat dari data konsumsi telur tahun 2020 di Indonesia sebanyak 28,16kg per kapita per tahun, dengan banyaknya telur yang dikonsumsi maka banyak pula limbah cangkang telur yang dihasilkan.

Cangkang telur selama ini sering dibuang begitu saja, padahal cangkang telur memiliki banyak sekali manfaat terlebih dengan kandungan kalsiumnya yang besar jika diolah menjadi pupuk organik akan sangat membantu dalam menyuburkan tanaman, menginggat dimasa seperti ini banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang menjadikan bercocok tanaman menjadi hobi baru. Dengan banyaknya limbah cangkang telur yang tidak dimanfaatkan ini membuat mahasiwa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi ”Penguatan Peran PKK Dengan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik Dari Limbah Cangkang Telur Dan Edukasi Tentang Manfaat Telur Sebagai Sumber Protein Hewani” secara door to door di beberapa RW di Kelurahan Mangkang Wetan.

Pelaksanaan program ini diikuti dan diterima dengan baik oleh perwakilan Ibu-Ibu PKK RW, kegiatan ini dilakukan dengan menaati protokol kesehatan yang diajurkan. Dalam kegiatan ini tidak hanyak menjelaskan tentang manfaat telur dan pupuk organik akan tetapi mahasiwa juga mengajari cara pembuatan pupuk dari cangkang telur dan cara pengaplikasiannya ke tanaman.  Pembuatan pupuk organik dari cangkang telur sangat mudah dengan memilih cangkang telur yang baim kemudian direndam dalam air selama semalaman, setelah bersih cangkang telur bisa dijemur selama sehari sampai benar-benar kering, cangkang telur kering dihaluskan dengan menggunakan blender hingga memiliki tekstur seperti tepung.

Produk Pupuk Cangkang Telur

Pemberian pupuk ini dilakukan dengan mancampurkan tepung cangkang telur dengan air hangat hingga tercampur sempurna kemudian didiamkan selama dingin baru dapat diberikan ke tanaman. pemberian pupuk cangkang telur ini dapat memenuhi ketersediaan unsur fosfor dan kalsium dalam tanah karena 40% kandungan dalam cangkang telur yaitu kalsium yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman sebagai sumber nutrisi. Pupuk cangkang telur ini berpengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan tanaman terutama pada jumlah daun. Pada pelaksanaan program ketua RW III bertanya “Berapa perbandingan antara tepung cangkang telur dan air, lalu bagaimana cara pemberiannya ketanaman? apakah langsung dituangkan saja ketanah?” Pemberian tepung cangkang telur sebanyak 5% dari jumlah air memiliki manfaat yang paling efisien untuk pertumbuhan tanaman. Pemberian tepung cangkang telur ini harus dilarutkan dalam air mendidih sampai larutan homogen, campuran tersebut dibiarkan hingga dingin baru dapat diberikan ke tanaman sebagai pupuk.

Pengaplikasian Pupuk ke Tanaman Cabai

Pelaksanaan program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju masyarakat menjalankan tatanan hidup yang lebih sehat terutama dimasa pandemi Covid-19. “Pemanfaatan limbah cangkang telur menjadi pupuk organik merupakan inovasi yang sangat bagus, pembuatannya juga yang sangat mudah dan tentunya dapat mengurangi limbah dapur. Mungkin nanti bisa dikita mengolah pupuk ini dan mengaplikasikan ketanaman katuk” Ujar Ketua RW 2 Kelurahan Mangkang Wetan.

Penulis: Shinta Nur Sabila-FPP

Editor: Abdi Sukmono, ST., MT.