Pandemi Mengharuskan Masyarakat untuk Selalu Menjaga Kebersihan! Mahasiswa Undip Mengajarkan Cara Membuat Sabun Organik di Rumah

Kab. Tangerang (29/7) – Pandemi Covid-19 saat ini mengharuskan masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan 5M secara patuh agar tidak mudah tertular dengan virus. Salah satunya cara menjaga kebersihan yang paling mendasar adalah mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah penularan virus corona.

Maka dari itu, sosialisasi mengenai cara pembuatan sabun berbahan dasar organik dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai cara membuat sabun organik dengan bahan sederhana yang tersedia dirumah dan selalu menjaga kebersihan.

Sosialisasi ini dilaksanakan secara offline dengan melaksanakan pelatihan cara membuat sabun organik yang dihadiri oleh 5 orang dan secara online dengan membagikan poster dan video melalui media sosial serta produk sabun organik kepada masyarakat RT 003/RW 015 Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten pada tanggal 27 Juli 2021. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat setempat karena mendapat pengetahuan baru mengenai proses pembuatan sabun dengan bahan dan alat yang sederhana.

Hasil Sabun Organik
Pembagian Sabun Organik Kepada Masyarakat RT 003/RW 015 Kelurahan Kelapa Dua

Harapannya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan tingkat produktivitas masyarakat dengan membuat sabun organik sendiri di rumah atau menjual produknya secara online. Karena secara tidak langsung, kegiatan ini sekaligus memberikan ide untuk berwirausaha berbasis homemade.

Video tutorial membuat sabun organik dapat diakses melalui youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=Q7BYKO03rPI

Penulis: Farras Fathiyya Rahma

Dosen Pembimbing: Nurhadi Basit,S.T., M.Eng.