Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Periode 2021 Sosialisasikan Pentingnya Mengajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini Pada Anak-Anak RT 07/RW II Kelurahan Pedalangan
Semarang (27/07/2021) – Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang paling berpengaruh dalam keseharian. Seiring berkembangnya zaman, bahasa Inggris menjadi bahasa universal yang dapat digunakan di seluruh negara di dunia. Dengan begitu, mengajarkan bahasa Inggris pada anak – anak dirasa penting dan bermanfaat. Dilansir dari sebuah artikel di kompasiana.com, usia 6-12 tahun dapat disebut dengan golden age pada anak, di mana pada usia tersebut anak – anak memiliki kemampuan untuk belajar atau mengingat (memorizing) dengan cepat. Berdasarkan alasan tersebut, mengajarkan bahasa Inggris pada anak dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Selain itu, mengajarkan bahasa Inggris sejak dini pada anak dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak dan mempersiapkan anak agar tidak lagi merasa asing dengan bahasa Inggris yang bukan menjadi bahasa ibunya.
Pada program kerja kedua kali ini bertema SDGs atau pembangunan berkelanjutan, yang mana berjudul Fun Learning: Basic English For Kids, yang memiliki target peserta anak – anak RT 07/RW II Kelurahan Pedalangan usia 6-10 tahun. Tujuan dari program ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak – anak, serta untuk menambah kosakata mereka dalam bahasa Inggris. Juga di era pandemi seperti sekarang ini, ditambah dengan pemberlakuan perpanjangan PPKM di Kota Semarang, pemerintah masih belum melaksanakan sekolah tatap muka. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam penyampaian materi dalam sekolah online. Maka, program ini juga dapat mengisi waktu luang anak – anak RT 07 sekaligus untuk menambah pengetahuan mereka di bidang bahasa Inggris.
Penyampaian materi dilakukan melalui group whatsapp orang tua mereka masing – masing. Sebelumnya juga dilakukan sesi tanya jawab terhadap orang tua peserta mengenai sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki anak – anak mereka dan melalui media apakah mereka biasanya mengajarkan bahasa Inggris pada anak – anaknya. Kemudian beberapa dari peserta kegiatan sudah cukup menguasai bahasa Inggris dengan sederhana, tetapi masih ada juga peserta yang belum dapat berbahasa Inggris karena tidak mendapat pelajaran bahasa Inggris di sekolahnya. Kemudian setelah melakukan tanya jawab, dilakukan pengiriman materi pembelajaran bahasa Inggris sederhana (Basic English). Di dalamnya terdapat materi Greetings, My Family, Number, Shape, Color, Animals, dan Fruits. Masing – masing dari materi tersebut disertai dengan gambar – gambar yang menarik sehingga anak – anak tidak mudah bosan dalam mempelajarinya.

Kemudian selain membagikan materi pembelajaran bagi peserta, dalam program tersebut juga terdapat agenda Parent’s Guide atau pedoman orang tua dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anaknya. Di dalamnya terdapat beberapa alasan pentingnya mengajarkan bahasa Inggris sejak dini pada anak, juga bagaimana cara yang tepat dalam mengajarkan bahasa Inggris yang menyenangkan pada anak.

Berdasarkan rangkaian kegiatan tersebut, Program Fun Learning: Basic English For Kids tidak hanya bermanfaat untuk mengajarkan bahasa Inggris sederhana pada anak – anak, namun juga mengingatkan pada para orang tua mengenai pentingnya mengajarkan bahasa Inggris untuk anak dan bagaimana cara mengajarkan bahasa Inggris pada anak dengan cara yang menyenangkan.
Penulis: Maretha Embun Sari (13020118130078)
Jurusan: S1 Sastra Inggris 2018
DPL: Ibu Eva Annisa, S.Farm., Apt., M.Sc.