Upaya Pertahanan Diri di Tengah Pandemi, Mahasiswa UNDIP Lakukan Sosialisasi GEMAR IKAN!

Semarang (3/8), potensi yang cukup luas terdapat di wilayah laut Indonesia dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, khususnya spesies ikan yang dapat dikonsumsi. Oleh karena itu, sektor perikanan memiliki peluang besar untuk dapat berkembang. Pulau Jawa merupakan wilayah dengan dengan konsumsi ikan perkapita terendah dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia (KKP, 2018). Kondisi tersebut menjadi sebuah keprihatinan mengingat Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumberdaya ikan yang tinggi.

Masa pandemi ini berbagai cara pencegahan dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19, baik pencegahan dari luar maupun pencegahan dari dalam. Cara pencegahan dan pertahanan diri dari luar yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Sedangkan cara pencegahan dan pertahanan diri dari dalam adalah melalui pola makan sehari-hari dengan makan makanan bergizi. Salah satu bentuk pertahanan diri dari dalam yaitu dengan mengonsumsi ikan. Ikan memiliki kandungan gizi seperti protein , asam lemak omega 3 dan 9, vitamin dan berbagai mineral yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega 9 dikenal sebagai gizi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

Mengingat pentingnya mengonsumsi ikan ditengah masa pandemi Covid 19 dan juga rendahnya  minat konsumsi ikan di masyarakat, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021 tergugah untuk memberikan edukasi mengenai GEMAR IKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Edukasi dilakukan di Desa Kalongan RT 04 RW 08, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang (25/7). Penyampaian edukasi dilakukan kepada anak-anak usia 6-12 tahun yang notabenenya merupakan usia pertumbuhan dan rentan terhadap penyakit. Edukasi dilaksanakan melalui poster dan video animasi serta dengan protokol kesehatan yang ketat, durasi edukasi tidak lebih dari 45 menit.

Poster tentang GEMAR IKAN
Kegiatan Sosialisai GEMAR IKAN kepada Anak-anak Desa Kalongan

Penyampaian edukasi mengenai GEMAR IKAN ini diharapkan dapat meninngkatkan kesadaran masyarakat khususnya anak-anak untuk memperhatikan pola makan dan makan makanan bergizi untuk membentuk imunitas tubuh sebagai upaya pertahan diri di masa pandemi. Selain itu dengan meningkatnya laju konsumsi ikan masyarakat akan menambah target produksi ikan yang ada Indonesia sehingga pendapat negara meningkat.

Penulis : Dyah Tsani Azzahra

DPL : Bagus Rahmanda, SH, MH.