WOW! MAHASISWA UNDIP MEMBANGUN GEDUNG RUANG ISOLASI MANDIRI

Proses Penyerahan Booklet Prototipe Ruang Isolasi Mandiri

Petompon, Semarang (31/07). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang dipimpin oleh dosen Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Muhammad Zulfa Alfaruqy, S.Psi., M.A. merencanakan serta mendesain prototype ruang isolasi mandiri khususnya bagi warga RW 02, Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Tingkat keramaian meningkat setelah mendengar berita vaksin sudah hadir. Seakan mereka lupa bahwa jumlah kasus positif di Kota Semarang hingga Januari 2021 menduduki angka yang tinggi. Dilansir dari https://siagacorona.semarangkota.go.id/halaman/covid19 per 1 Juli, total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Semarang mencapai 58583 orang. Diketahui juga bahwa ruangan pada beberapa RS terbatas bagi pengidap COVID-19.

KKN yang dilakukan berbasis perencanaan dan peningkatan pengetahuan warga melalui booklet yang disusun oleh mahasiswa Chazaidhan AlFahd Nizami dari S1 Teknik Sipil. Pak Zulfa selaku dosen pembimbing lapangam mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud nyata bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa secara langsung dalam mengaplikasikan ilmunya dengan tujuan untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dalam menghadapi masalah yang ada saat ini kshusunya di masa pandemi COVID-19.  

Dengan pelaksanaan program pembuatan booklet desain prototype Ruang Isolasi Mandiri ini diharapkan dapat menjadi percontohan atau pemahaman bagi masyarakat sekitar jika dibutuhkan pembangunan ruang isolasi mandiri nantinya.