KKN UNDIP BANTU PEMERINTAH MELAKUKAN PROMOTIF, EDUKASI COVID-19 BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Koordinasi kegiatan KKN Tim II Undip 2021 dengan Karang Taruna

Jepara (03/08/2021) – Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Diponegoro pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan di daerah masing-masing yang disebut dengan “KKN Pulang Kampung”, meski dilaksanakan di daerah rumah masing-masing kegiatan KKN ini tetap memiliki tujuan yang sama yaitu pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi. Hal ini juga tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk tetap aktif, kreatif dan inovatif dalam melaksankan kegiatan KKN.

Sebagian besar warga di tempat tinggal saya di Desa Kecapi, Tahunan Jepara masih kurang memahami akan pentingnya edukasi Covid-19. Masih terdapat warga yang acuh dengan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga saya ingin melakukan promosi, edukasi Covid-19 berbasis pemberdayaan masyarakat agar mencegah penyebaran Covid-19 dan pandemi segera berlalu.

Kegiatan promotif, edukasi Covid-19 berbasis pemberdayaan masyarakat di Desa Kecapi RT 08/01, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara dilaksanakan dengan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada perubahan perilaku masyarakat. Upaya penyelesaian masalah yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah adalah pemberian edukasi dan tanya jawab tentang Covid-19 melalui WhatsApp Group, door to door, spanduk atau poster, dan pelatihan dengan koordinasi tokoh masyarakat dan organisasi desa seperti Karang Taruna.

Sosialisasi dan edukasi melalui WhatsApp Group dengan memberikan informasi berupa protokol  isolasi mandiri, gerakan masyarakat sehat, cara meningkatkan sistem imun tubuh, pencegahan penularan Covid-19 melalui 3M (menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan menggunakan masker). Edukasi juga dilakukan dengan pemasangan spanduk atau poster. Pelatihan masyarakat dengan koordinasi Karang Taruna ini bertujuan untuk mengedukasi kader dan remaja sebagai bagian dari masyarakat agar dapat bergotong royong memantau kesehatan masyarakat serta dapat meningkatkan pemahaman tentang Covid-19, sehingga akan sangat membantu dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Ditulis oleh : Eno Aldonaturrohmah (14010118120007), Ilmu Pemerintahan, FISIP