Mahasiswa KKN UNDIP edukasi pentingnya Pelaku UMKM harus paham perilaku konsumen pada masa pandemi
Pelaksanaan KKN tim II 2020/2021 Universitas Diponegoro, Semarang
Desa Kedungsari, Magelang Utara, Kota Magelang
Kedungsari, Kota Magelang (01/08) Pandemi yang belum selesai dengan bertambahnya kasus ini memaksa pemerintah untuk meberlakukan PPKM, tentunya ini mempengaruhi berbagai sektor khusunya pada sektor ekonomi. Hal ini berdampak pada pelaku UMKM dimana sektor usaha yang sebelumnya dapat dilakukan dengan berkaitan secara fisik saat ini terdampak karena adanya pembatasan sosial. Konsumen yang sewajarnya dapat berinteraksi dengan pelaku UMKM juga berubah menyesuaikan keadaan.
Dari latar belakang tersebut, penulis selaku mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Periode 2020/2021 dengan tema Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan (SGDs) Melalui Kuliah Kerja Nyata memutuskan untuk memberikan solusi terkait permasalahan tersebut untuk mengembangkan UMKM daerah. Program kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan edukasi kepada pelaku UMKM di daerah Kedungsari, Magelang Utara Kota Magelang dengan judul “Pahami Perilaku Konsumen Pada Masa Pandemi, Untuk UMKM Lebih Maju”.
Apa itu perilaku konsumen?
Perilaku konsumen adalah tindakan / kegiatan yang dilakukan langsung oleh individu dalam mencari dan menggunakan barang atau jasa, termasuk proses mengambil keputusan dan diikuti tindakan untuk membeli atau tidak.
Dengan adanya Pandemi COVID-19 perilaku masyarakat dunia pun berubah, berdaptasi dengan keadaan virus yang mengancam dan kebijakan baru yang ditetapkan oleh masing masing negara. Perubahan ini berimbas juga kepada sikap dari konsumen di seluruh dunia dan terlebih khususnya di Indonesia.
Faktor – faktor umum yang mempengaruhi hal tersebut adalah, Pandemi yang memaksa masyarakat berkegiatan dari rumah untuk memgurangi aktivitas di tempat umum dan ancaman bahaya virus covid-19 yang menular, guncangan ekonomi yang dirasakan pelaku usaha sampai dengan masyarakat yang pendapatnya berkurang, dan penerepan sosial distancing dan berbagai peraturan pemerintah. Faktor utama lainya adalah Faktor Psikologis seperti Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Keyakinan.
Apa pentingnya memahami perubahan perilaki konsumen bagi pelaku UMKM?
Memahami perilaku konsumen dalam bisnis dapat membantu perusahaan untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat sehingga menghasilkan proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Serta untuk mempertahankan konsumen, memprediksi tren di pasaran, meningkatkan pelayanan konsumen, dan meningkatkan daya saing dengan pelaku usaha lainya.
Beberapa perilaku konsumen pada masa pandemi saat ini. – Melakukan aktivitas pembelian secara online- Mencari informasi dan iklan dari media online- Melakukan transaksi cashless / non tunai- Menggunakan jasa delivery / jasa kirim- Memilih produk dengan kemasan yang aman dan bersih- Memilih tempat yang bersih dan menjaga protokol kesehatan- Memilih produk/ jasa yang memiliki inovasi baru untuk masa pandemi- Memilih produk/ jasa dengan harga yang terjangkau- Memilih produk rumahan untuk membantu usaha lokal.
Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan door to door ke tempat para pelaku UMKM dengan membagikan Booklet dan menjelaskan secara singkat terkait pengertian perilaku konsumen, faktor penyebab, pentingnya memahami perubahan perilaku konsumen, dan berbagai perilaku konsumen pada masa pandemi saat ini. Penulis selaku pelaksana program juga membantu beberapa pelaku UMKM untuk mendaftarkan produk atau jasa nya pada platform digital atau situs online.
Selain program utama, mahasiswa pelaksana KKN juga membantu kegiatan rutin satgas “Jogotonggo” yang dibentuk kelurahan untuk melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari minggu di lingkungan RT dan rumah- rumah warga. Dan juga kegiatan lainya seperti membagikan sabun cuci tangan, masker, vitamin, serta keperluan pokok untuk warga yang isoman.
Maturnuwun & Stay Safe and Healthy 🙌
Reporter : Naufal Anas R (Psikologi 18)
Editor : Yanuar Yoga Prasetyawan S.Hum., M.Hum.