INOVATIF!! Mahasiswa UNDIP Ajarkan Cara Pembuatan Produk Olahan Perikanan Yang Menggiurkan

Semarang, Jawa Tengah (02/08/2021) – Kondisi Indonesia yang sampai saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19, dimana dampak ini sangat berimbas kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesejahteraan ekonomi. Pembatasan dalam melakukan aktivitas selama kondisi pandemi telah menimbulkan berbagai kerugian yang besar di bidang ekonomi. Menurut Tapung et al. (2020), dampak penyebaran Covid-19 yaitu adanya penurunan kualitas dan keadaan sosial ekonomi. Kualitas sosial ekonomi menurun dikarenakan sumber pendapatan warga berkurang yang disebabkan oleh adanya kebijakan pembatasan jam kerja, larangan melakukan aktivitas relasional termasuk relasi ekonomi yang menyebabkan kurangnya pendapatan masyarakat dan menambah jumlah angka kemiskinan dan keterbelakangan.

Produk Olahan Ikan Lele Berupa Nugget dan Kaki Naga
Sumber: KKN Tim II Undip Tahun 2020/2021

Melihat hal ini, Wirah Wizendro sebagai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengenalkan inovasi baru tentang pembuatan produk olahan ikan lele berupa kaki naga kepada warga RT 05 RW 04 di Kelurahan Kramas.

Cara Pembuatan Produk Olahan Kaki Naga
Sumber: KKN Tim II Undip Tahun 2020/2021

Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Ibu-Ibu warga Kelurahan Kramas tentang bagaimana mengolah ikan lele segar menjadi produk olahan dan memberi peluang bagi masyarakat untuk bisa mengembangkan usaha pengolahan ikan lele. Hal ini sesuai dengan poin SDGs poin ke-8 mengenai pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Penulis: Wirah Wizendro (Ilmu Kelautan, FPIK, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing: dr. Dea Amarilisa Adespin, M. Kes