KEKAYAAN TERPENDAM, MAHASISWA KKN UNDIP BANTU UNGKAP PROMOSIKAN 27 KEKAYAAN DESA KALIPUTU!!

Kudus (21/07/21), Desa Kaliputu merupakan Desa Wisata Kuliner di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus dengan produk andalannya yakni jenang. Jenang merupakan makanan yang terbuat dari bubur gamping yang terbuat dari tepung beras, gula dan santan kelapa.

Jenang

Sejak masa pandemi Covid-19, pendapatan para pelaku UMKM Jenang mengalami penurunan. Dalam hal ini Desa Kaliputu Kecamatan Kota Kabupaten Kudus mebutuhkan bantuan untuk mengedukasi warga agar bisa bertahan dan meningkatkan pendapat dengan melakukan kegiatan branding, kampanye social secara online dan promosi online.

Sesi Wawancara dengan Pelaku UMKM

Berdasarkan hasil survey umkm dan wawancara dengan para pelaku umkm jenang, mereka menyatakan bahwa masa pandemic sekarang membawakan banyak perbedaan. Baik secara produksi dan pemasaran, hal ini dikarenakan sulit memasarkan produk, tidak banyaknya wisatawan yang berkunjung dan tidak bisa melakukan pengiriman jenang ke luar kota karena terkendala PPKM. Terlagi masih kalahnya jenang-jenang home industry dari pencarian pembeli karena dengan adanya brand jenang ternama yang sudah ada.

Toko Jenang Karomah

Dengan ini Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Kaliputu Kudus membantu memberdayakan umkm yang ada dengan cara mempromosikan dan kampanye umkm melalui media social instagram. Kegiatan promosi dan kampanye dilakukan untuk meningkatkan brand awareness desa kaliputu yang terkenal dengan desa wisata dan sentral pusatnya jenang.

Dinamakan sebagai sentral pusatnya jenang juga ada dasarnya, hal ini dikarenakan di Kaliputu sendiri dalam satu wilayah terdapat 27 UMKM yang sama yaitu jenang home industri, jenang home industri juga tidak kalah enak rasanya dengan jenang-jenang ternamaan yang ada. Target program ini tak lain yakni para pelaku UMKM Jenang Desa Kaliputu. Program ini diharapkan dapat membantu mereka para pelaku usaha jenang untuk meningkatkan kembali pendapatannya dengan menggencarkan promosi melalui Instagram, membantu mempromosikan UMKM Jenang agar semakin dikenal luas, baik brand dengan merk ternama maupun home industri dari dalam kota sendiri maupun luar kota.

Dengan adanya promosi UMKM Jenang secara online diharapkan dapat meningkatkan brandawarness dan mempermudah masyarakat untuk mengkases dan mencari tahu secara lebih jauh tentang macam-macam jenang yang ada. Dari nama brand, alamat pembelian, harga jual, serta varian rasa yang ditawarkan dan nomor telfon untuk info lebih lanjut.

Promosi UMKM Jenang Di Instagram
@kaliputusentralnyajenang

Penulis : Samudra Sindy Pertiwi

Fakultas/Program Studi : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi

Dosen Pembimbing Lapangan : Mahendra Pudji Utama, S. S., M. Hum.

Lokasi : Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.