URGENT ! Peran Orangtua Berpengaruh dalam Belajar Anak

BOOKLET MATERI PROGRAM KERJA

Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Semarang melaksanakan KKN dengan suasana pandemic Covid-19. Dengan membawa tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. Kegiatan KKN dilaksanakan di kampung halaman masing-masing mahasiswa secara online (daring) dan mandiri.

Kasus Covid-19 semakin meningkat di Indonesia dengan kasus yang sangat signifikan melonjak dan membuat pemerintah mengeluarkan himbauan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari tanggal 3 Juli -20 Juli 2021 akan tetapi PPKM diperpanjang sampai awal 2 Agustus 2021 agar bisa membantu menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia.

Teresia Hening Haryanti, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang didampingi dosen pembimbing Ibu Irawati, S. H., M. H. melaksanakan KKN di daerah Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik tepatnya di RW 9, RT 02 dan RT 08. Salah satu program yang dibawa adalah Psikoedukasi berupa Pelatihan Orangtua dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Anak. Dengan melihat strategi apa saja yang dilakukan orangtua dalam mendampingi belajar anak. Program tersebut bertujuan untuk mengedukasi orangtua dalam mendampingi anak belajar, dengan mendampingi anak belajar, kualitas belajar anak yang diberikan juga baik.

Program dilakukan dengan sosialisasi melalui platform media social yaitu Zoom Meeting. Dengan materi sosialisasi dibagi melalui grup Whatsapp dan dihadiri oleh Ibu-Ibu dari RT 02 dan RT 08. Selain itu informasi-informasi yang disampaikan juga melalui grup Whatsapp. Sosialisasi dilaksanakan tanggal 26 Juli 2021 pada pukul 16.00 WIB.

Proses Pelaksanaan Program di Zoom Meeting dan Grup Whatsapp

Pelaksanaan program kerja dilakukan oleh Naning melalui platform Zoom dan materi dibagikan melalui grup Whatsapp. Dan dalam pelaksanaan program kerja, Naning didampingi oleh narasumber yang dikenal dengan nama Bu Pri. Beliau merupakan seorang guru SMP N 5 Semarang. Naning didampingi Bu Pri menyampaikan materi bertemakan bagaimana peran orangtua dalam meningkatkan kualitas belajar anak di masa pandemi. Materi disampaikan berdasarkan perspektif dunia psikologi dan dunia pendidikan.

Pentingnya peran orangtua dalam mendampingi belajar anak merupakan tugas terpenting dalam pendidikan anak, khususnya di masa pandemic. Orangtua memiliki peran ganda yang sekaligus menjadi guru dalam mendampingi belajar anak.

PELAKSANAAN PROGRAM KERJA MELALUI ZOOM MEETING

Penulis : Teresia Hening Haryanti (15000118130089) / Fakultas Psikologi 2018 UNDIP

Editor  : Irawati, S. H., M. H