MAHASISWA UNDIP KKN TIM II AJAK MASYARAKAT PONDOK RANGGON UNTUK SWEB DALAM MENGATASI STRES

Penulis: Wulan Miranda Panggabean
DPL: Zaki Ainul Fadli., SS., M.Hum

1.1 Cover Booklet SWEB
1.2 Publikasi Video Youtube: https://youtu.be/uLY45ScB_0I

JAKARTA, Pondok Ranggon — Masa Pandemi COVID-19 yang masih dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat memberikan banyak dampak dalam aspek-aspek kehidupan. Namun, pembangunan khususnya di desa harus tetap berjalan. Pembangunan ini diharapkan akan bergerak ke arah pembangunan berkelanjutan yang telah disepakati oleh beberapa negara di Dunia. Pembangunan berkelanjutan atau dikenal Sustainable Development Goals (SDGs) memiliki beberapa tujuan yang akan dicapai. Salah satunya yaitu pada tujuan ke tiga kehidupan sehat dan sejahtera (Good Health and Well-Being). Penulis merencanakan untuk menjalankan program kesejahteraan warga di RT 007, Kelurahan Pondok Ranggon dengan tujuan agar warga di RT 007 tetap dapat sejahtera walaupun di masa pandemi ini.

Program yang diberikan oleh Penulis mengusung nama SWEB: Subjective Well Being Dalam Menghadapi Stres di Masa Pandemi COVID-19. Hal ini berlandaskan karena setiap orang berpotensi merasakan stressor, tetapi hanya beberapa orang yang mampu mengatasi stressor dan dapat menilai hidup lebih bermakna. Program ini dijalankan pada hari Selasa (27/7) melalui Whatsapp Group berupa pembagian link video Youtube dan e-booklet serta pada hari Rabu (28/7) dibagikan sebanyak 5 eksemplar booklet untuk warga yang kesulitan mengakses melalui gawai.

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh warga melalui Whatsapp Group didapatkan bahwa informasi yang diberikan sudah cukup jelas, video dan topik yang diberikan mampu dipahami, dan membantu warga untuk dapat mengendalikan stressor. Namun, terdapat saran yang diberikan oleh warga yaitu backsound video dapat lebih dikurangi sehingga suara penulis dapat lebih terdengar jelas. Evaluasi ini dilakukan pada hari Rabu (28/7).

1.3 Pembagian Booklet kepada Warga
1.4 Pembagian Booklet kepada Warga
1.5 Pembagian Booklet kepada Warga