PENTINGKAH BRANDING MEREK? MAHASISWA UNDIP MEMBERIKAN EDUKASI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN BRANDING MEREK GUNA MENINGKATKAN DAYA BELI KONSUMEN
Grobogan (21/07/2021) – Mahasiswa KKN TIM II Undip sedang melaksanakan salah satu program kerja KKN dengan judul Peningkatan penjualan UMKM makanan ringan melalui peningkatan kualitas produk: label merek untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan pembuatan e-commerce yaitu dengan cara memberikan edukasi mengenai peningkatan daya beli konsumen melalui peningkatan nilai produk, salah satunya adalah penciptaan label merk dan peningkatan kualitas produk. Kegiatan ini dilandasi oleh tema KKN TIM II Undip ‘’ Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan (SDG’s) Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata’’ yang dilaksanakan selama 45 hari.
Kegiatan pada minggu ke 3 (21/7/2021), pelaksanaan KKN program1 (satu) yaitu dengan memberikan edukasi kepada UMKM produk makanan ringan di Dusun Karangjati, Desa Putatsari. Edukasi mengenai peningkatan daya beli konsumen dapat dicapai melalui peningkatan nilai produk. Diharapkan edukasi yang telah disampaikan mahasiswa dapat memberikan pengetahuan baru bagi pelaku usaha mengenai peningkatan nilai produk melalui berbagai cara.

Peningkatan kualitas produk dapat dilakukan melalui pemilihan bahan baku yang tepat dan ramah lingkungan serta aman untuk kesehatan. Bahan baku merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan oleh produk makanan, karena bahan baku utama yang akan menentukan kualitas produk. Selain itu peningkatan kualitas produk dapat dilakukan melalui proses pembuatan atau proses produksi yang aman dan higienis. Lalu pentingnya label merek dalam peningkatan kualitas produk dalam hal ini dapat memberikan branding produk dan dapat menciptakan citra merek produk. Citra merek dalam jangka panjang dapat meningkatkan benchmarking produk dengan produk sejenis, sehingga produk dapat terus meningkatkan kualitasnya dan berinovasi untuk lebih baik lagi.


Apabila dua hal tersebut sudah dipenuhi, maka kualiatas produk akan meningkat dan dapat meningkatkan daya beli konsumen. Pelaku usaha dapat meningkatkan harga jual produk sehingga dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha. Output dari program ini adalah banner nama usaha dan label merek untuk produk makanan ringan snack basah dan bolu.
Penulis: Annya Helda Ayuningtyas
DPL: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M, M.A