WOW!!! KOLABORASI EPIC Mahasiswa KKN Undip dengan Pemerintah Kab. Wonogiri dalam Ajang Innovative Government Award 2021

Wonogiri (03/08/2021) KKN TIM II Undip 2021 memiliki konsep yang sangat berbeda dari KKN Undip regular biasanya. KKN biasanya dilakukan di lokasi yang telah ditentukan oleh LPPM Undip, namun saat ini ditentukan berdasarkan domisili dari mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir yang mana kasus positif Covid-19 masih tinggi. KKN TIM II Undip 2021 dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 12 Agustus 2021 dan mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (SDG’s) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”.

Koordinasi bersama Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan
BAPPEDA & LITBANG Kabupaten Wonogiri

Pelaksanaan KKN Undip di Kabupaten Wonogiri pada tahun ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, khususnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA LITBANG). Program kerja Mahasiswa KKN Undip adalah berkolaborasi untuk membantu pemberkasan dalam Innovative Governance Award (IGA) 2021.

Innovative Government Award (IGA) sendiri merupakan upaya untuk merangsang pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya. Dengan begitu, daerah mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Yakni melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan perannya, serta peningkatan daya saing daerah. Kegiatan ini merupakan bagian dari kewajiban pemerintah untuk mengembangkan invensi dan inovasi. Pemerintah pusat dan daerah wajib menggunakan hasil invensi dan inovasi nasional dalam melakukan pembangunan. Ini seperti diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Sisnas Iptek.

Kabupaten Wonogiri telah mengikuti ajang Innovative Government Award (IGA) 2021 sejak tahun 2020 lalu. Yangmana pada tahun lalu Kabupaten Wonogiri menduduki peringkat 2 tingkat nasional. Pada tahun 2021 ini Kabupaten Wonogiri memiliki 217 inovasi yang akan diikutkan dalam Innovative Government Award 2021. Meskipun masih dalam kondisi pandemi covid-19 namun setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Wonogiri tetap berusaha menciptakan inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik maupun dalam pemberdayaan masyarakat.

Salah satu contoh inovasi di bidang pelayanan publik adalah Telunjuk Sakti. Telunjuk Sakti merupakan inovasi pelayanan Administrasi Kependudukan yang maknanya hanya dengan cara menekan layar android dengan telunjuk/jari, masyarakat dapat memperoleh layanan dokumen kependudukan dengan cepat dan nyaman dari Sistem Administrasi Kependudukan berbasis Teknologi Informasi (Sakti).

Bimbingan Teknis terkait Pelaporan Inovasi Daerah dalam IGA 2021

Dalam keberjalanannya Mahasiswa KKN Undip tergabung dalam Tim Monitoring Pelaporan Inovasi daerah yang berperan membantu proses pemberkasan terhadap setiap data dukung dari masing- masing inovasi yang telah dikirimkan oleh inventor. Sebelumnya telah dilakukan bimbingan teknis terkait kategori data dukung yang benar dan salah. Karena dalam pelaporan inovasi daerah dalam IGA 2021 terdapat 20 indikator dan terbagi ke dalam 3 parameter yang mana setiap inovasi harus memenuhi semua indikator. Sehingga dalam hal ini mahasiswa KKN Undip harus stay di Kantor Bappeda untuk melakukan update, upgrade, dan input data dari berkas data dukung yang dilaporkan setiap inventor.

Pemerintah daerah menjadi ujung tombak pelayanan publik yang harus aktif melakukan inovasi. Pelayanan publik yang inovatif akan meningkatkan pelayanan, pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan daya saing yang semakin tinggi. Kemampuan daya saing daerah yang tinggi pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mahasiswa KKN Undip kedepannya diharapkan dapat memberikan peran yang positif dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Wonogiri. Oleh karena itu, meskipun ditengah pandemi, kami (Mahasiswa KKN Undip) tetap bekerja sepenuh hati, untuk kemajuan Wonogiri.

Terima Kasih.

Oleh : Pebriyanti – (Administrasi Publik – FISIP 2018)

DPL : Muhyidin, S.Ag., M.Ag., MH