PANDEMI BELUM BERAKHIR!!! Mahasiswa KKN UNDIP Sterilkan Kelurahan Bulusan dan Edukasi Cara Buang Limbah Masker Sekali Pakai

KELOMPOK 2 KKN UNDIP TIM II TAHUN 2020/2021 KELURAHAN BULUSAN

Semarang, (03/08) – Tahun ini Universitas Diponegoro Semarang kembali menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP Tahun 2020/2021 dengan mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan (SDG’s) Melalui Kuliah Kerja Nyata.

Banyak cara dilakukan untuk mencegah infeksi Covid-19. Yang paling sering dikampanyekan adalah memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

Ada lagi beberapa upaya yang dilakukan guna mencegah infeksi Covid-19. Misalkan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum masuk ke ruangan atau gedung hingga mendisinfeksi jalan raya dan tempat umum atau ruang terbuka.

Penyemprotan Disinfektan di RT 02 RW 02

Penyemprotan disinfektan dilaksanakan mahasiswa KKN bersama Ketua RW maupun Ketua RT serta warga setempat di hari Jum’at pagi dan atau Minggu pagi.

Saat ini, penggunaan masker oleh masyarakat sangat tinggi. Hal ini terkait dengan upaya pencegahan infeksi virus corona. Namun, peningkatan penggunaan masker sekali pakai rentan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mendaur ulangnya untuk dijual kembali.

Oleh sebab itu, Mahasiswa KKN UNDIP memberikan masyarakat Kelurahan Bulusan edukasi membuang limbah masker sekali pakai.

Pemasangan MMT Cara Buang Limbah Masker Sekali Pakai

Perlu diingat bahwa pandemi ini belum berakhir. Jangan abaikan protokol kesehatan, terapkan pola hidup sehat dan taat aturan pemerintah.

Penulis : Ayu Lestari (Fakultas Hukum, 2018)

Dosen KKN : Damar Nurwahyu Bima S.Si., M.Si.